Cara Memperbanyak Tanaman Hias untuk Mempercantik Taman

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
20 Juli 2023 23:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Memperbanyak Tanaman Hias. Foto: dok. Unsplash/Kaur Kristjan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Memperbanyak Tanaman Hias. Foto: dok. Unsplash/Kaur Kristjan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara memperbanyak tanaman hias salah satunya dapat dilakukan dengan cara stek. Selain itu, masih ada cara lainnya yang dapat dilakukan agar tanaman hias tumbuh dengan cantik di pekarangan rumah.
ADVERTISEMENT
Sederet cara memperbanyak tanaman hias akan dibahas dalam artikel sebagai referensi untuk membuat taman menjadi rimbun dan cantik. Mari simak pembahasannya berikut ini.

Cara Memperbanyak Tanaman Hias dengan Mudah

Ilustrasi Cara Memperbanyak Tanaman Hias. Foto: dok. Unsplash/Crystal Jo
Tanaman hias adalah tanaman yang dapat digunakan sebagai penghias taman rumah dan bangunan lainnya.
Dalam buku berjudul Mengenal Ruang Lingkup Tanaman Hias yang disusun oleh Evinola, SP (2019: 95) dijelaskan bahwa secara umum, tanaman hias dapat didefinisikan sebagai salah satu tanaman yang memiliki fungsi untuk memberikan kesan keindahan pada ruangan.
Tanaman hias memiliki beberapa bagian tanaman yang cantik. Bagian tanaman tersebut antara lain bunga, daun, buah, batang. Tak hanya itu, beberapa tanaman hias juga memiliki warna dan aroma khas sehingga dapat membuat ruangan menjadi harum.
ADVERTISEMENT
Agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik, terdapat berbagai cara memperbanyak tanaman hias yang benar dan mudah. Berikut ini adalah beberapa cara memperbanyak tanaman hias yang dapat dicoba.

1. Stek

Teknik ini dilakukan untuk memperbanyak tanaman hias dengan cara menanam atau menumbuhkan salah satu bagian dari tanaman. Bagian yang dapat diperbanyak dengan teknik menanam ini adalah pada bagian batang, akar, dan daun.
Tanaman yang dihasilkan dengan teknik ini biasanya umumnya memiliki persamaan umur, tinggi, dan ketahanan penyakit dengan tanaman indukannya.

2. Kultur jaringan

Teknik memperbanyak tanaman hias ini dilakukan dengan cara memperbanyak jaringan mikro tanaman yang ditumbuhkan dengan cara in vitro.
Dengan begitu, tanaman yang dihasilkan menjadi sempurna dengan jumlah yang tidak terbatas. Tanaman hias yang dapat diperbanyak dengan teknik ini antara lain anggrek, bunga potong, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT

3. Tunas

Cara memperbanyak tanaman hias satu ini dapat dilakukan secara alami oleh tanaman hias itu sendiri. Teknik perkembangbiakan ini terjadi melalui tunas tanaman hias.
Umumnya, cara ini tidak membutuhkan keterlibatan manusia dengan andil yang cukup besar. Anda cukup membantu dengan memindahkan tunas yang sudah tumbuh besar ke tempat lain agar tanaman hias dapat tumbuh secara merata.
Demikian pembahasan tentang cara memperbanyak tanaman hias yang dapat diterapkan di pekarangan rumah. Selamat mencoba! (DAP)