Cara Menanam Chia Seed di Pot dan Lahan Sempit

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menanam Chia Seed di Pot. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menanam Chia Seed di Pot. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Chia seed merupakan biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica. Tanaman ini merupakan jenis tanaman mint dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa cara menanam chia seed di pot dan lahan sempit yang bisa dijadikan panduan. Untuk mengetahuinya, simak pembahasannya di sini.

Cara Menanam Chia Seed di Pot

Cara Menanam Chia Seed di Pot. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Karyna Panchenko
Dikutip dari buku Chia Seed karya Tresno Saras, (2023) Chia seed merupakan biji-bijian yang awalnya tumbuh di daerah Meksiko dan Amerika Serikat. Namun, saat ini sudah bisa dibudidayakan di Indonesia.
Salah satu keunggulan Chia seed terdapat pada kandungan nutrisinya yang lengkap. Di mana hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh ada di dalam buah ini.
Bagi yang tertarik membudidayakannya, berikut ini adalah panduan cara menanam Chia seed di pot maupun lahan sempit di rumah.

1. Memilih Biji

Langkah awal adalah memilih biji Chia seed berkualitas. Pastikan membeli biji dari toko terpercaya untuk mendapatkan bibit unggul. Pilihlah biji yang berwarna coklat kekuningan, bebas dari kotoran dan jamur.
ADVERTISEMENT

2. Persiapan Media Tanam

Tanaman ini membutuhkan media tanam yang gembur, kaya nutrisi, dan memiliki drainase baik. Campuran tanah subur, sekam bakar, dan cocopeat dengan perbandingan 2:1:1 dapat menjadi pilihan ideal. Pastikan media tanam terbebas dari hama dan penyakit tanaman.

3. Pemilihan Pot

Pilihlah pot atau wadah tanam dengan lubang drainase yang cukup. Ukuran pot disesuaikan dengan jumlah tanaman yang ingin ditanam.

4. Penyemaian

Jika sudah taburkan biji tanaman ini di media tanam untuk melakukan penyemaian. Agar penyemaian berjalan dengan baik, lakukan penyiraman dengan teratur di pagi dan sore hari. Gunakan semprotan pada saat melakukan penyiraman.

5. Penanaman

Jika bibit sudah mulai tumbuh dan dirasa bisa dipindahkan maka pindahkan ke dalam pot atau media tanam di pekarangan rumah dengan hati-hati.

6. Perawatan

Lakukan penyiraman secara rutin, pagi atau sore hari. Pastikan media tanam lembab, namun tidak tergenang air. Hindari menyiram langsung ke daun tanaman untuk mencegah penyakit jamur.
ADVERTISEMENT
Setelah tanaman ini tumbuh setinggi 5-10 cm, berikan pupuk organik cair atau pupuk kandang yang telah dikomposkan. Pemupukan dapat dilakukan setiap 2-3 minggu sekali untuk membantu pertumbuhan optimal tanaman.
Demikian pembahasan mengenai cara menanam Chia seed di pot dan lahan sempit yang bisa dijadikan sebagai panduan. (WWN)