Cara Mengatasi Bulai pada Tanaman Cabai yang Ampuh

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 22:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengatasi Bulai pada Tanaman Cabai. Foto: dok. Unsplash/Jeppe Vadgaard
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Bulai pada Tanaman Cabai. Foto: dok. Unsplash/Jeppe Vadgaard
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi bulai pada tanaman cabai perlu dilakukan agar tanaman cabai dapat panen maksimal. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan rotasi tanaman secara rutin.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, terdapat cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi bulai pada tanaman cabai.

Mengenal Penyakit Bulai

Ilustrasi Cara Mengatasi Bulai pada Tanaman Cabai. Foto: dok. Unsplash/Eduardo Jaeger
Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman yang cukup banyak disukai sebagai tanaman budidaya yang dapat ditanam di pekarangan rumah.
Sama seperti jenis tanaman pada umumnya, tanaman cabai juga dapat terserang penyakit. Salah satu penyakit yang dapat menyerang tanaman cabai adalah penyakit bulai.
Dikutip dari buku Hilirisasi Produk Pertanian Budidaya Cabai Teknologi Tepat Guna Pengering Tenaga Surya oleh Zainal Abidin, Muhammad Iqbal Jafar, Syamsir, I Made Sudiarta (2021: 47), penyakit bulai atau yang juga dikenal dengan sebutan penyakit virus Gemini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Gemini.
Penyakit ini ditularkan melalui serangga vektor, yaitu kutu daun, seperti aphids, thrips, mite dan kutu kebul. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman cabai.
ADVERTISEMENT
Umumnya, tanaman cabai yang terserang penyakit bulai akan menunjukkan gejala pada daun muda atau pucuk tanaman yang mengalami perubahan warna menjadi kuning, tulang daun yang menebal, daun menggulung, mengecil dan tidak berimbang.
Jika dijumpai gejala tersebut pada tanaman cabai, perlu dilakukan cara mengatasi bulai pada tanaman cabai.

Cara Mengatasi Bulai pada Tanaman Cabai

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan secara efektif:

1. Memberikan Insektisida

Kandungan insektisida yang diberikan pada tanaman cabai mengandung bahan aktif abamektin atau dimetoat dapat membantu mengatasi penyakit bulai yang menyerang tanaman cabai. Lakukan penyemprotan insektisida secara berkala dalam frekuensi yang rutin.

2. Melakukan Rotasi Tanaman

Rotasi tanaman atau pergiliran tanaman dapat dilakukan untuk membatasi daur hidup virus Gemini penyebab penyakit bulai yang menyerang tanaman cabai.
ADVERTISEMENT

3. Menyemprotkan Bahan Anti Virus Tanaman

Agar virus penyebab penyakit bulai dapat diatasi dengan mudah, caranya adalah dengan menyemprotkan bahan antivirus tanaman dengan kandungan hidroksibenzoat.
Pemberian bahan ini dapat dilakukan di awal tanam. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan virus.
Cara mengatasi bulai pada tanaman cabai yang disajikan dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai panduan untuk merawat. (DAP)