Konten dari Pengguna

Cara Menyiram Kaktus Sukulen dengan Tepat agar Tidak Busuk

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
21 Juni 2024 23:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Ilustrasi: Cara Menyiram Kaktus Sukulen. Sumber: Ylanite Koppens/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Ilustrasi: Cara Menyiram Kaktus Sukulen. Sumber: Ylanite Koppens/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kaktus sukulen adalah salah satu tanaman yang perawatan mudah dan tahan terhadap kondisi kering.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, tanaman ini tetap membutuhkan kadar air yang tepat agar bisa tetap hidup. Lantas bagaimana cara menyiram kaktus sukulen dengan tepat agar tidak busuk? Simak cara menyiram kaktus sukulen dengan benar di sini.

Cara menyiram Kaktus Sukulen

Foto Hanya Ilustrasi: Cara Menyiram Kaktus Sukulen. Sumber: Matzi/Pexels.com
Siti Hajar Aswad dalam buku berjudul Petunjuk Praktis Menanam Kaktus menjelaskan bahwa kaktus mempunyai beberapa jenis, salah satunya adalah kaktus sukulen.
Kaktus ini mempunyai jaringan untuk penyimpanan air yang membuat tanaman bisa beradaptasi dalam kondisi kering di waktu lama.
Untuk itu, penyiraman kaktus sukulen tidak harus terlalu sering. Tanaman bisa disirami sepuluh hari sekali agar kaktus sukulen bisa tumbuh dengan baik.
Meski waktu terbaik penyiraman adalah sepuluh hari sekali, namun jika kaktus sukulen di letakkan di luar ruangan dan pada musim hujan. Maka, tanaman ini cukup disiram setidaknya 15 hari sekali. Jadi, pemilik harus mempertimbangkan cuaca yang sedang terjadi.
ADVERTISEMENT
NNamun, sebelum menyiramnya, pemilik harus mengecek media tanam dahulu. Jika media tanam masih lembap dan basah, maka kaktus sukulen tidak perlu disiram.
Saat media tanam mulai mengering, pemilik bisa menyiramkan air secukupnya dan jangan terlalu banyak.
Berikut adalah cara menyiram kaktus sukulen dengna tepat agar tidak busuk.

1. Menggunakan Metode Perendaman

Cara yang bisa dilakukan adalah merendam media tanam kaktus sukulen hingga januh. Biarkan sampai airnya terserap media tanam dan mengering dengan sendirinya.

2. Menggunakan Penyiraman dari Bagian Bawah

Menggunakan penyiraman dari bagian bawah bisa dilakukan dengan cara mengisi air dalam wadah besar atau nampan yang lumayan besar. Kemudian letakkan pot berisi kaktus sukulen dalam nampan yang isinya air.
Lalu biarkan sekitar 30 menit atau tunggu hingga media tanam basah. Setelah media tanam mulai basah, pot yang telah basah dikeluarkan dari nampan dan biarkan air terserap ke kaktus sukulen.
ADVERTISEMENT

3. Jangan Menggunakan Botol Semprot

Penyiraman kaktus sukulen tidak boleh menggunakan botol semprot. Menyiram menggunakan botol semprot membuat kaktus sukulen tidak dapat menyerap air.
Lebih baik gunakan selang air atau gayung agar air bisa benar-benar menyerap ke media tanam. Daun sukulen jangan disiram air, sebab adanya tetesan air di daun membuat sinar matahari memantul dan membakar daun sukulen.
Itulah berbagai cara menyiram kaktus sukulen dengan tepat agar tidak busuk yang mudah dicoba. (eK)