Konten dari Pengguna

Cara Menyiram Tanaman di Musim Kemarau agar Tidak Layu

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
21 Juni 2024 23:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Ilustrasi: Cara Menyiram Tanaman di Musim Kemarau. Sumber: Los Muertos Crew/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Ilustrasi: Cara Menyiram Tanaman di Musim Kemarau. Sumber: Los Muertos Crew/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Musim kemarau kerap menjadi tantangan tersendiri bagi pembudidaya tanaman. Biasanya, musim kemarau akan mengakibatkan tanah kering sehingga tanaman menjadi layu dan mati.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menyiram tanaman di musim kemarau dengan benar agar tidak layu. Simak pembahasannya di sini.

Cara Menyiram Tanaman di Musim Kemarau

Foto Hanya Ilustrasi: Cara Menyiram Tanaman di Musim Kemarau. Sumber: Gustavo Fring/Pexels.com
Umi Sakdiyah Sodwijo dalam buku berjudul Cara Merawat Tanaman Buah-Buahan Di Musim Kering menjelaskan bahwa penyiraman tanaman pada musim kering atau musim kemarau adalah dengan memberikan air cukup pada tanaman.
Proses penyiraman memerlukan cara yang tepat agar air bisa masuk maksimal dalam media tanam tanaman tersebut. Adapun cara menyiramnya, yakni air yang keluar dari keran harus sampai ke akar tanaman dan bukan ke daun maupun bunga.
Adapun cara terbaiknya adalah dengan irigasi tetes. Irigasi tetes adalah proses penyiraman tanaman secara langsung, baik di permukaan tanah maupun dalam tanah melalui tetesan secara sinambung, serta perlahan-lahan di sekitar tanaman.
ADVERTISEMENT
Supaya sistem irigasi tetes bisa maksimal, tambahkan lapisan mulsa di tanah sekitar tanaman. Lapisan mulsa ini bisa membantu tanaman memperoleh sirkulasi udara yang bagus dan kelembapan tanah bisa terjaga.
Guna menjaga tanaman agar tidak mati di musim kemarau, berikut beberapa langka yang bsia diterapkan dalam proses penyiramannya.

1. Memeriksa Selang Air

Pastikan selang bisa mengalirkan air hingga 90% ke tanaman. Selang yang bisa digunakan adalah selang hujan deras yang berpori-pori kecil dan bisa mengalirkan air perlahan-lahan sekaligus stabil ke sekitar tanaman. Dengan demikian, tidak ada area kering di sekitar tanaman.

2. Siram Secara Banyak dan Jarang

Siram tanaman secara banyak dan jarang, bukan sedikit dan jarang. Air di sini mempunyai manfaat agar sistem akar tanaman bisa mencari dan menemukan unsur hara serta kelembapan tanah semakin lama.
ADVERTISEMENT

3. Teknik Perangkap Air

Ketika musim kemarau tanaman sebaiknya ditanam pada cekungan alami di mana lokasi air bisa menggenang. Cara lainnya dengan membangun tanah sekitar tanaman agar bisa menampung air.
Ide lain yaitu membangun tanggul ukuran kecil yang berfungsi untuk waduk mini agar bisa menahan air.
Cara lainnya, masukkan pot plastik dalam tanah sampai ke tepinya dan letakkan di samping tanaman yang haus. Siram dalam pot, lalu air akan langsung mengalir ke zona akar.
Demikian pembahasan megnenai cara menyiram tanaman di musim kemarau agar tanaman tidak layu dan mati dengan mudah. (eK)