Cara Merangkai Bunga Buatan dari Bahan Daur Ulang dan Teknik Membuatnya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 April 2024 18:39 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara merangkai bunga buatan dari bahan daur ulang. Foto: Petra/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara merangkai bunga buatan dari bahan daur ulang. Foto: Petra/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara merangkai bunga buatan dari bahan daur ulang bisa dilakukan satu per satu dan ditambahkan ornamen lain seperti pita hingga plastik untuk buket, jika hendak dibuat buket bunga. Rangkaian bunga perlu diikat sehingga tidak tercerai berai atau mudah lepas.
ADVERTISEMENT
Mari simak cara merangkai bunga buatan dari bahan daur ulang serta teknik membuatnya yang mudah berikut ini.

Ketahui Cara Merangkai Bunga Buatan dari Bahan Daur Ulang serta Teknik Membuatnya

Ilustrasi cara merangkai bunga buatan dari bahan daur ulang. Foto: Mark Huang/Unsplash
Barang bekas bisa didaur ulang menjadi berbagai benda yang bermanfaat. Salah satunya adalah kerajinan tangan bunga. Jenis bahan yang biasa dipakai untuk membuat bunga antara lain sedotan hingga botol bekas. Bunga dari barang bekas bukan hanya unik, tetapi juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
Daur ulang sampah merupakan aktivitas mengolah sampah untuk dijadikan barang atau produk baru yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Dilansir situs umsu.ac.id, daur ulang sampah dapat mengurangi pencemaran lingkungan, menekan volume sampah, hingga membantu menghemat sumber daya alam yang ada. Pembuatan bunga buatan dari bahan daur ulang juga termasuk di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Berikut cara merangkai bunga buatan dari bahan daur ulang dan teknik pembuatannya:

1. Persiapan Bahan

Untuk dapat membuat bunga dari bahan daur ulang yang cantik, kita harus mempersiapkan semua bahan yang diperlukan. Beberapa di antaranya adalah plastik bekas atau kantong kresek, gunting, lem tembak, serta kawat.
Sebetulnya, kita dapat memanfaatkan bahan lain seperti sedotan atau botol untuk membuat bunga, tetapi dalam pembahasan kali ini, kita akan mengambil contoh bunga dari kantong kresek.

2. Tahap Pembuatan

Pembuatan bunga diawali dari menentukan warna bunga. Lakukan penyortiran terhadap kantong-kantong plastik. Kelompokkan ke dalam warna yang sama. Selanjutnya, potong plastik dengan ukuran 6x6 cm, lipat menjadi lima hingga membentuk segitiga, lantas potong dengan bentuk setengah hati.
Langkah berikutnya, buat kelopak bunganya, lantas gulung dan rekatkan satu demi satu, mulai dari yang paling kecil sampai terbesar. Kemudian ambil kawat dengan satu ujung yang agak bengkok ke bagian dalam, masukan satu per satu kelopak bunga dari yang paling kecil.
ADVERTISEMENT
Bagian bawah kawat bisa ditutupi memakai lilitan kresek hijau. Kita juga dapat membuat beberapa helai daun sehingga bunga akan makin indah.

3. Merangkai Bunga Buatan

Setelah selesai membuat bunga dari bahan daur ulang, buat juga vas dari botol atau barang bekas lainnya. Bagian luar botol bisa dihias menggunakan tempelan atau cat supaya terlihat cantik.
Langkah berikutnya tinggal merangkai bunga buatan. Caranya, ambil satu per satu bunganya, masukkan ke dalam vas. Kita dapat berkreasi sendiri, hendak dibuat seperti apa rangkaian bunga tersebut.
Penambahan ornamen lainnya seperti pita juga bisa dilakukan. Dengan demikian, rangkaian bunga tersebut terikat kuat dan tak mudah tercerai berai atau terlepas.
Cara merangkai bunga buatan dari bahan daur ulang, sebetulnya dapat dilakukan sesuai keinginan. Rangkaian bunga sejenis ini bukan hanya murah, tetapi juga relatif mudah dibuat. (DN)
ADVERTISEMENT