Cara Merawat Iguana beserta Jenis Makanannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
25 Maret 2023 16:55 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Merawat Iguana. Foto: dok. John Cobb (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Merawat Iguana. Foto: dok. John Cobb (Unsplash)
ADVERTISEMENT
Iguana dikenal sebagai salah satu jenis reptil yang cukup banyak digemari, khususnya bagi para pecinta dan kolektor hewan reptil.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara iguana, mari simak ulasan tentang cara merawat iguana beserta jenis makanannya yang bagus untuk pertumbuhannya berikut ini.

Cara Merawat Iguana beserta Jenis Makanannya yang Baik untuk Pertumbuhan

Ilustrasi Cara Merawat Iguana. Foto: dok. Ben Greene (Unsplash)
Iguana merupakan reptil berdarah dingin yang memiliki kulit tebal bertekstur dengan gelambir pada rahang ini rupanya menjadi salah satu hewan yang cukup banyak digemari sebagai hewan koleksi.
Bagi Anda yang mulai tertarik memelihara iguana, Anda perlu tahu bagaimana cara merawat iguana beserta jenis makanan yang cocok dan bagus untuk pertumbuhan iguana. Berikut ini adalah sederet tips dan cara memelihara iguana yang dapat Anda jadikan sebagai panduan.

1. Pilih kandang dengan ukuran yang sesuai

Pemilihan kandang untuk memelihara iguana perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda membeli iguana. Sebagaimana dijelaskan dalam 242 Tips Merawat Binatang Kesayangan yang disusun oleh Tim Penulis PS (Desi Saraswati) (2009: 189), sebelum memelihara iguana, hal pertama yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah kandangnya.
ADVERTISEMENT
Pilihlah kandang yang memiliki ukuran sesuai dengan ukuran iguana yang dipelihara. Semakin luas ukuran kandang maka semakin baik. Karena ruang gerak iguana semakin luas.
Umumnya, ukuran kandang standar untuk iguana adalah yang memiliki panjang 2,5 sampai 3 m dengan lebar 1,2 sampai 1,5 m dan tinggi 1,8 m.

2. Pilih alas yang aman dan nyaman

Agar iguana dapat bergerak dengan aman, Anda perlu memilih alas kandang yang aman dan tidak beracun. Alas kandang yang ideal yang aman untuk iguana adalah alas berbahan karpet karet yang relatif tidak mudah hancur dan mudah dibersihkan.
Hindari penggunaan alas serutan kayu karena serpihan kayu dapat tertelan saat iguana menjulurkan lidahnya. Jika sampai serpihan kayu tertelan iguana, itu akan melukai rongga mulutnya dan membuatnya kesulitan saat makan.
ADVERTISEMENT

3. Berikan makanan yang bergizi dan bernutrisi

Pemberian makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup juga perlu dipertimbangkan bagi Anda yang berniat untuk memelihara iguana.
Dalam buku berjudul Petunjuk Praktis Memelihara Iguana yang ditulis oleh Ayu Hapsari (2023: 34) tertulis bahwa agar memiliki iguana yang sehat, makanan yang diberikan pun harus sehat dan mengandung gizi seimbang.
Di alam liar, iguana hijau dikenal sebagai binatang herbivora. Namun, tak jarang iguana juga memakan aneka serangga seperti jangkrik yang sedang hinggap di dedaunan yang dimakannya.
Melihat kebiasaan makannya di alam bebas, sebaiknya Anda memberi makan iguana dengan tumbuhan dan hewan kecil seperti serangga. Beberapa jenis sayuran yang baik untuk iguana antara lain tauge, kubis, kangkung, caisim, selada, tomat, wortel, kentang rebus, labu kuning, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Selain sayuran, iguana juga bisa diberi pisang, pepaya, apel, pir, atau sawo. Adapun sumber protein hewani iguana dapat diberi jangkrik, ulat hongkong, belalang, daging ayam, dan tikus putih rebus.
Untuk kebutuhan vitamin dan mineral iguana, Anda bisa memberikan suplemen tertentu. Selain makanan, perlu disediakan air minum yang bersih di kandang iguana.
Itulah informasi mengenai cara merawat iguana beserta jenis makanannya. Anda dapat menjadikan informasi di atas sebagai panduan dalam merawat iguana agar tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Selamat mencoba! (DAP)