Cara Merawat Tanaman Bonsai agar Tumbuh Sehat

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Mei 2024 18:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara merawat tanaman bonsai. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara merawat tanaman bonsai. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara merawat tanaman bonsai tidak berbeda jauh dari tanaman hias lainnya, meskipun tanaman ini dibuat dengan teknik rekayasa tertentu.
ADVERTISEMENT
Artikel berikut ini akan membahas lebih lanjut tentang cara merawat tanaman bonsai yang bisa dilakukan pemilik.

Cara Merawat Tanaman Bonsai

Ilustrasi cara merawat tanaman bonsai. Foto: Pixabay
Tanaman bonsai berkembang baik bukan dengan cara alami melainkan dengan rekayasa khusus dengan teknik pemangkasan dan pengobatan tertentu.
Merawat bonsai perlu kreativitas tinggi karena bentuk akhir bisa disesuaikan dengan imajinasi pemilik. Banyak yang mengatakan kalau merawat bonsai tidak berbeda jauh dengan memahat.
Menurut buku Budi Daya Tanaman Hias karya Sri Sudarmiyatun, bonsai juga memerlukan perawatan, antara lain pergantian pot, penyiraman, pemangkasan, serta pembentukan tanaman.
Berikut penjelasan lebih lanjut tentang cara merawat tanaman bonsai:

1. Pergantian Pot Rutin

Pertumbuhan akar terus terjadi seiring waktu, sehingga pot perlu diganti secara rutin menyesuaikan kondisi akar. Pot bonsai yang biasanya dangkal, perlu diganti paling cepat satu bulan sekali.
ADVERTISEMENT

2. Penyiraman Teratur

Tanaman bonsai perlu disiram sesuai kebutuhan dua hari sekali. Cukup siram hingga air keluar dari drainase di bagian bawah pot. Tanaman ini perlu tanah yang lembap jadi sebisa mungkin letakkan di bawah naungan atau di dalam ruangan.

3. Pemangkasan Batang dan Daun

Pemangkasan perlu dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan batang dan daun. Pemangkasan bisa dilakukan satu bulan sekali untuk bonsai dengan pertumbuhan cepat.

4. Pembentukan Tanaman

Dalam memangkas, perlu diperhatikan juga bentuk tanaman yang diinginkan. Memotong batang dan daun tidak bisa asal-asalan, tapi perlu imajinasi dan kreativitas yang baik untuk menghasilkan bentuk yang indah.

5. Pemupukan

Pupuk diperlukan oleh bonsai, yakni NPK dan Urea satu bulan sekali juga pupuk daun tiga kali dalam sebulan untuk pertumbuhan yang baik dan sehat.

6. Pembasmian Hama

Tanaman bonsai dapat diserang hama, terutama ulat dan wereng coklat. Oleh karena itu, perlu disemprot oleh insektisida untuk pembasmiannya.
ADVERTISEMENT
Kunci merawat bonsai adalah kesabaran dan ketelitian yang tinggi. Begitu salah dalam memotong dahan, maka tanaman tidak akan terbentuk dengan indah.
Demikian adalah cara merawat tanaman bonsai yang bisa dilakukan pemilik agar tumbuh sesuai keinginan. (SP)