Ciri-ciri Aglonema Red Sumatra Asli yang Eksotis dan Indah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 22:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri-ciri aglonema red sumatra asli, sumber foto: hartono subagio by pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri aglonema red sumatra asli, sumber foto: hartono subagio by pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Aglonema termasuk tanaman hias yang masih diincar hingga saat ini, terutama aglonema red sumatra yang sangat unik. Ciri-ciri aglonema red sumatra asli adalah memiliki daun berbentuk elips memanjang yang sangat eksotis.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, aglonema lebih sering dikenal sebagai tanaman Sri Rejeki yang dianggap bisa memberikan keberuntungan. Tidak heran jika banyak yang tertarik menanam aglonema, apalagi tanaman ini bisa membuat tampilan rumah lebih sejuk.
Dikutip dari buku Aglonema Spektakuler karya Dr. Purbo Djojokusumo, berikut beberapa ciri aglonema red sumatra asli yang penting diketahui.

Ciri-ciri Aglonema Red Sumatra Asli

Ilustrasi ciri-ciri aglonema red sumatra asli, sumber foto: hartono subagio by pixabay.com
Aglonema red sumatra merupakan tanaman hias aglonema termahal di Indonesia. Mengingat tanaman aglonema red sumatra menjadi awal generasi terciptanya berbagai aglonema berwarna merah. Simak beberapa ciri-cirinya dalam penjelasan berikut.

1. Memiliki Daun Berbentuk Elips Memanjang

Tanaman hias aglonema red sumatra terkenal karena memiliki daun berbentuk elips memanjang. Bentuk daunnya yang unik ini sulit ditemukan di aglonema jenis lainnya, apalagi daunnya memiliki bentuk yang sangat kompak.
ADVERTISEMENT

2. Daunnya Berwarna Merah dengan Tangkai Pink

Ciri selanjutnya terletak pada daun yang berwarna merah dengan tangkai pink bercak-bercak. Tampilan daunnya semakin unik dengan bercak-bercak hijau gelap yang menjadikan tanaman ini sangat eksotis.
Bahkan, banyak orang meyakini bahwa warna merah punya arti tersendiri. Pada dasarnya, warna merah pada tanaman aglonema red sumatra asli memiliki arti keberanian, memesona, kemakmuran, dan keberuntungan.

3. Harganya Relatif Mahal

Keunikan aglonema red sumatra membuat tanaman hias ini punya harga relatif mahal. Bahkan, tanaman aglonema red sumatra termasuk tanaman aglonema termahal di Indonesia di mana harganya bisa mencapai Rp500 ribu lebih.

4. Hindari Meletakkan Tanaman di Bawah Sinar Matahari Langsung

Jika ingin merawat tanaman aglonema red sumatra, tanaman ini harus berada di tempat yang teduh. Selain itu, tanaman ini juga harus terhindar dari sinar matahari langsung dalam waktu lama agar tetap segar dan cantik.
ADVERTISEMENT

5. Tanaman yang Kurang Cocok dengan Kondisi Basah

Terakhir, tanaman aglonema red sumatra tergolong tanaman yang kurang cocok dengan kondisi basah. Hal ini karena kondisi basah hanya akan membuat akar tanaman mudah membusuk dan ujung-ujungnya mati sehingga tanaman sulit berkembang.
Itulah ciri-ciri aglonema red sumatra asli yang wajib dipelajari sebelum membelinya untuk dijadikan hiasan rumah.(DSI)