Ciri-ciri FIP Kering pada Kucing yang Tidak Boleh Dibiarkan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
16 April 2024 22:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ciri-ciri FIP Kering pada Kucing. Foto: dok. Unsplash/Lloyd Henneman
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri-ciri FIP Kering pada Kucing. Foto: dok. Unsplash/Lloyd Henneman
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciri-ciri FIP kering pada kucing menjadi tanda-tanda penting yang perlu diketahui bagi para pemilik kucing. Pasalnya virus ini dapat mengancam kehidupan kucing.
ADVERTISEMENT
Bahkan beberapa kucing akan mati karena serangan virus ini. Oleh sebab itu perlu diketahui cirinya sedini mungkin untuk segera mendapatkan tindak lanjut. Sebelum mengetahui apa saja cirinya, penting untuk diketahui apa itu FIP kering.

Mengenal Ciri-ciri FIP Kering pada Kucing

Ilustrasi Ciri-ciri FIP Kering pada Kucing. Foto: dok. Unsplash/Daria Shatova
FIP kering adalah jenis penyakit yang dapat diderita kucing akibat menyebarnya virus FIP atau Feline Infectious Peritonitis. Virus ini dapat diderita baik kucing yang masih kecil atau bahkan kucing yang sudah dewasa.
Dikutip dari buku berjudul Buku Pintar Kesehatan Kucing Ras yang disusun oleh drh. Wheindrata HS. Sp.W. (2024: 42), FIP adalah virus yang menyerang semua pembuluh darah kapiler di seluruh tubuh kucing, terutama pada bagian perut, rongga dada, mata, otak, dan kelenjar limfa.
ADVERTISEMENT
Kerusakan semua pembuluh kapiler akan menyebabkan keluaran cairan masuk ke dalam jaringan dan rongga tubuhnya. Kucing yang terkena FIP biasanya memunculkan beberapa gejala. Namun, perlu diketahui FIP terbagi menjadi dua yaitu FIP basah dan FIP kering.
Untuk FIP kering yang dialami kucing, biasanya tidak terjadi penimbunan cairan di dalam tubuh kucing. Ciri yang umum terjadi adalah borok dan radang yang timbyl di sekitar pembuluh darah dan organ lainnya pada kucing. Ciri-ciri FIP kering antara lain:
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri FIP kering pada kucing tersebut perlu dikenali untuk mencegah gejala yang lebih berat dan lebih parah lagi. Jika ditemukan tanda tersebut sebaiknya segera konsultasikan pada dokter hewan terdekat untuk mendapatkan tindakan dan pertolongan yang tepat.
Demikian penjelasan ringkas mengenai ciri-ciri FIP kering pada kucing. Dengan mengetahui apa saja cirinya, kucing dapat terselamatkan darri bahaya penyebaran FIP, khususnya setelah bepergian jauh. (DAP)