Konten dari Pengguna

Ciri-ciri Ikan Channa Asiatica yang Menarik untuk Diketahui

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
12 Agustus 2023 23:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ciri-ciri Ikan Channa Asiatica. Foto: dok. Unsplash/Riza Gabriela
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri-ciri Ikan Channa Asiatica. Foto: dok. Unsplash/Riza Gabriela
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciri-ciri ikan Channa asiatica merupakan pengetahuan menarik bagi para pencinta ikan hias.
ADVERTISEMENT
Salah satu cirinya yang mudah untuk dikenali adalah memiliki tubuh yang berbentuk silinder dengan sirip yang cantik. Ikan Channa asiatica ini juga memiliki warna sisik yang cantik dan menarik sebagai ciri khasnya.
Selain itu, masih ada beberapa ciri khas fisik yang dimiliki ikan Channa asiatica. Simak selengkapnya di sini.

Ciri-ciri Ikan Channa Asiatica

Ilustrasi Ciri-ciri Ikan Channa Asiatica. Foto: dok. Unsplash/Muhammad Erril
Ikan channa atau ikan gabus merupakan jenis ikan hias yang banyak disukai karena memiliki bentuk dan warna sisik yang unik.
Mengutip buku berjudul Buku Pintar Budi Daya Ikan Gabus plus Ajaibnya bagi Kesehatan yang disusun oleh Deny Ardianto (2015: 17, ikan gabus atau ikan channa memiliki kepala dengan ukuran yang besar dan terlihat agak gepeng sehingga terlihat mirip dengan kepala ular. Maka dari itu, ikan channa dikenal dengan nama snakehead.
ADVERTISEMENT
Ikan channa juga memiliki sisik besar di bagian atas kepalanya. Sedangkan di tubuhnya, terdapat sisik dengan warna yang beragam seperti kehijauan, kecoklatan, hingga kehitaman.
Ada banyak sekali jenis ikan channa yang beredar di pasaran, salah satunya adalah Channa asiatica atau yang dikenal dengan sebutan small snakehead.
Ikan hias ini berasal dari perairan China. Meski begitu, ikan channa jenis ini juga dapat ditemukan di beberapa negara, seperti Taiwan, Jepang, dan juga di perairan Eropa seperti Afrika dan Amerika Serikat.
Ikan channa satu ini memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis ikan lainnya. Mengutip dari buku berjudul Panduan Budidaya Ikan Gabus Hias yang ditulis oleh Sandra (2023: 21), Channa asiatica adalah jenis ikan gabus yang dapat tumbuh hingga mencapai 35 cm.
ADVERTISEMENT
Ikan gabus Channa asiatica juga memiliki beberapa corak yang cantik pada tubuhnya yaitu white spot, red spot, dan beberapa corak lainnya. Lebih lengkap, berikut ini adalah ciri-ciri ikan Channa asiatica:
Itulah sederet ciri-ciri ikan Channa asiatica yang menarik untuk diketahui. Dengan mengenal bagaimana ciri khas ikan Channa asiatica, setiap orang dapat membedakan jenis-jenis ikan channa yang ada di pasaran. (DAP)
ADVERTISEMENT