Konten dari Pengguna

Ciri Tanaman Cabai Kekurangan Air yang Wajib Dicermati

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
11 Juli 2024 23:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri tanaman cabai kekurangan air, sumber foto: Hans Linde by pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri tanaman cabai kekurangan air, sumber foto: Hans Linde by pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Air punya peran yang sangat penting dalam budidaya tanaman cabai, jika kekurangan maka tanaman cabai sulit berkembang. Salah satu ciri tanaman cabai kekurangan air adalah daunnya mulai menguning dan menjadi keriting.
ADVERTISEMENT
Ciri tersebut sudah seharusnya diketahui oleh setiap petani cabai agar bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Apalagi air yang cukup bisa meningkatkan pertumbuhan vegetatif pada tanaman cabai.
Dikutip dari buku Hilirisasi Produk Pertanian Budidaya Cabai Teknologi Tepat Guna Pengering Tenaga Surya karya Muhammad Iqbal Jafar, Zainal Abidin, dan Syamsir, simak beberapa ciri dari tanaman cabai yang kekurangan air dalam penjelasan berikut.

Ciri Tanaman Cabai Kekurangan Air

Ilustrasi ciri tanaman cabai kekurangan air, sumber foto: hartono subagio by pixabay.com
Tanaman cabai yang kekurangan air tentu akan mudah layu, sulit berkembang, dan parahnya bisa mati. Hal ini tentu harus segera diatasi agar tanaman cabai tetap berkembang dengan baik dan tidak sampai mati.
Sebelum mencari cara mengatasi, maka harus tahu ciri-ciri dari tanaman cabai yang kekurangan air terlebih dahulu. Maka dari itu, simak penjelasan berikut agar bisa menentukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.
ADVERTISEMENT

1. Tanaman menjadi Keriting dan Menguning

Petani cabai tentu ingin tanamannya berhasil tanpa gangguan hama maupun penyakit. Sayangnya hal tersebut sulit tercipta tanpa adanya penanganan yang tepat, apalagi jika tanaman sudah kekurangan air.
Padahal air adalah hal penting untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tidak boleh sampai kekurangan. Biasanya tanaman cabai yang kekurangan air bagian daunnya akan keriting dan menguning.

2. Mengalami Gangguan Pertumbuhan Cabang

Gangguan pertumbuhan cabang pada tanaman cabai juga disebabkan oleh tanaman yang kekurangan air. Pertumbuhan cabang yang kurang maksimal akan membuat buah yang dihasilkan kurang memuaskan.
Apalagi jika ciri-ciri tersebut dibiarkan begitu saja, tentu akan membuat tanaman cabai sulit tumbuh subur. Bahkan daunnya akan menjadi kecil dan pucat, ini menjadi tanda bahwa tanaman sangat membutuhkan air.

3. Bunga-bunga Rontok

Jika kekurangan air, tanaman cabai akan mengalami kerontokan bunga dan bakal buah. Apabila hal tersebut dibiarkan, maka buah yang dihasilkan tanaman kurang maksimal dan jumlah hasil panen akan berkurang.
ADVERTISEMENT
Ciri tanaman cabai kekurangan air tersebut harus dipahami dan segera dicari solusi untuk mengatasinya agar tanaman tetap tumbuh subur.(DSI)