Konten dari Pengguna

Daun Sukulen Rontok: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
11 Juli 2024 22:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Ilustrasi: Daun Sukulen Rontok. Sumber: Anna Khomutova/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Ilustrasi: Daun Sukulen Rontok. Sumber: Anna Khomutova/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tanaman sukulen adalah jenis tanaman yang dikenal karena kemampuan mereka untuk menyimpan air dalam jaringan. Meski perawatannya mudah, tapi jika tidak dirawat dengan baik, daun sukulen rontok bisa terjadi.
ADVERTISEMENT
Agar kondisi ini tidak semakin parah, ketahui penyebab dan cara mengatasi daun sukulen rontok dalam penjelasan berikut!

Penyebab Daun Sukulen Rontok

Foto Hanya Ilustrasi: Daun Sukulen Rontok. Sumber: Stefano Photography/Pexels.com
Imas Hanifah N dalam buku berjudul 10 Varietas Unggul Tanaman Sukulen menjelaskan bahwa tanaman sukulen mempunyai kemampuan tahan terhadap kondisi lingkungan yang kering, seperti daerah gurun dan padang pasir.
Cara kerja tanaman sukulen adalah dengan menggunakan daun atau batang mereka sebagai tempat penyimpanan air. Beberapa jenis sukulen adalah kaktus. Tanaman ini mempunyai bulu halus yang disebut dengan areola yang membantu mengurangi penguapan air.
Tanaman sukulen mempunyai sistem akar yang dangkal dan memungkinkan mereka untuk menyerap air dengan cepat ketika tersedia. Akarnya bisa cukup luas untuk menangkap sebanyak mungkin air sekitar tanaman.
ADVERTISEMENT
Meski terbilang mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan tanaman yang lain dan tahan dalam kondisi kering, namun tanaman sukulen tetap bisa mengalami masalah, yakni daunnya menguning dan rontok.
Masalah daun menguning dan rontok diakibatkan dari cara penyiraman yang berlebihan atau kekurangan penyiraman. Sukulen yang mendapatkan asupan air berlebihan bisa membuat daunnya menguning dan tekstur daun menjadi lembek.
Daun tersebut akan membusuk dan rontok. Alhasil pertumbuhan tanaman terhambat dan kehilangan banyak daun. Jika tidak segera diatasi, bisa membuat tanaman rentan terkena serangan penyakit dan hama yang membuat tanaman sukulen mati.
Daun sukulen juga bisa menguning dan rontok akibat kekurangan air. Kekurangan air membuat daun keriput dan tanaman sukulen menjadi lebih kecil dibandingkan tanaman yang memperoleh air dalam jumlah yang tepat.
ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Daun Sukulen Rontok

Mengatasi daun sukulen yang menguning dan rontok sangat mudah. Pemilik hanya perlu melakukan penyiraman dengan tepat dan jangan menyiram sampai media tanam tergenang.
Jika terlanjur, pemilik bisa membuang airnya, mengeringkan media tanam, dan memberikan air kembali secukupnya. Penyiraman dapat dilakukan secara perlahan-lahan agar air bisa sampai ke akar tanaman. Lakukan penyiraman secara bertahap dan konsisten.
Itulah penjelasan tentang daun sukulen rontok dari penyebab hingga cara mengatasinya yang tepat. Semoga bermanfaat! (eK)