Durasi Mandi Murai Batu yang Tepat Agar Tidak Kedinginan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2024 23:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasii murai batu mandi. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasii murai batu mandi. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Durasi mandi murai batu merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui setiap pemilik burung. Sebab, aktivitas ini dapat membantu mejaga kesehatan dan kesejahteraan peliharaan.
ADVERTISEMENT
Jika burung dimandikan terlalu lama, murai batu bisa terkena demam. Sebaliknya, jika pemandian sangat singkat, maka kebersihan burung tidak bisa terjaga.
Untuk itu, simak pembahasan mengenai durasi mandi murai batu yang ideal di bawah ini.

Durasi Mandi Murai Batu yang Tepat

Ilustrasi murai batu. Sumber foto: Unsplash
Mandi merupakan kegiatan yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup, termasuk burung murai batu. Namun, ketika dimandikan, pemilik perlu memperhatikan dan mengikuti durasi yang tepat.
Dikutip dari laman The Rockpile, mandi bukan hanya sekedar membersihkan tubuh dari kotoran atau debu, tetapi juga untuk menghilangkan parasit yang menempel pada bulu murai batu.
Dengan memandikan burung secara rutin, kesehatan dan kulit dan bulu murai batu juga akan terjaga. Akibatnya, tingkat stres mereka pun akan berkurang secara drastis.
ADVERTISEMENT
Jika dilihat dari manfaatnya, memandikan burung memang menawarkan sejumlah keuntungan. Akan tetapi, hal ini bisa berlaku ketika durasi pemandian murai batu dilakukan secara tepat.
Umumnya, durasi mandi yang ideal bagi murai batu adalah satu sampai tiga jam saja. Pada rentang waktu ini, bulu dan kulit burung akan bersih sempurna tanpa perlu merasa kedinginan.
Namun, ketika suhu atau lingkungan sedang dingin, maka durasi pemandian burung bisa dikurangi. Sebaiknya, mandikan burung selama 30 menit saja, agar ia tidak terkena demam.

Perawatan Setelah Mandi

Setelah proses pemandian selesai, pemilik bisa langsung melakukan perawatan selanjutnya, yakni penjemuran. Murai batu perlu dijemur selama beberapa waktu, untuk mengeringkan bulunya.
Karena itu, waktu yang ideal untuk memandikan burung murai batu adalah saat pagi atau sore hari, di mana sinar matahari tidak terlalu menyengat namun tetap bisa memberikan kehangatan.
ADVERTISEMENT
Jika tidak ada sinaar matahari yang muncul setelah proses pemandian, pemilik bisa mengeringkan air di tubuh mereka menggunakan handuk atau hair dryer. Tentunya, hal ini dilakukan untuk menjaga suhu tubuh mereka tetap hangat. (RN)