Efek Minum Kopi bagi Wanita dan Pria yang Harus Diwaspadai

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 Maret 2023 16:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Inspirasi efek minum kopi, sumber foto: Porapak Apichodilok by pexels.com/id
zoom-in-whitePerbesar
Inspirasi efek minum kopi, sumber foto: Porapak Apichodilok by pexels.com/id
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ternyata masih banyak orang yang belum tahu efek minum kopi setiap hari. Apalagi jika jumlahnya berlebih. Padahal, sudah seharusnya para pecinta kopi mengetahui hal ini.
ADVERTISEMENT
Memang, pada dasarnya kopi bisa memberikan efek menunda rasa kantuk atau menjadi booster semangan bagi pecinta kopi. Namun, siapa sangka dibalik efek tersebut, kopi juga memiliki efek samping yang dapat mengganggu kesehatan baik bagi pria maupun wanita.
Penasaran dengan efek samping tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Efek Minum Kopi bagi Wanita dan Pria

Inspirasi efek minum kopi. Sumber foto: Kristina Paukshtite by pexels.com/id
Dikutip dari Buku Obat-Obat Sederhana Untuk Kesehatan Sehari-hari karya Drs. Kirana Rahardja, berikut ini terdapat beberapa efek samping minum kopi.

1. Perasaan Mudah Gugup

Efek samping yang pertama adalah munculnya perasaan mudah gugup. Mungkin awal-awal kamu tidak akan merasakan hal ini, namun lama kelamaan perasaan gugup akan semakin menjadi.

2. Gemetar

Siapa sangka kopi yang bisa memberikan ketenangan ternyata dapat membuat tubuh bergetar. Awalnya mungkin hanya getar biasa saja, namun jika tetap kamu lanjutkan minum kopi secara berlebihan bisa memicu tubuh bergetar hebat.
ADVERTISEMENT

3. Gangguan Tidur

Sebagian orang sengaja minum kopi untuk meningkatkan konsentrasi dan mencegah kantuk. Padahal jika dilakukan terlalu sering, hal ini bisa menyebabkan gangguan tidur atau biasa disebut insomnia.

4. Sakit Kepala

Perlu kamu tahu bahwa konsumsi kopi yang berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala. Biasanya hingga kronis.

5. Gastritis

Gastritis atau yang sering disebut sebagai sakit maag bisa saja muncul jika terlalu banyak minum kopi. Umumnya, gastritis adalah kondisi radang pada lapisan dinding lambung, tepatnya dalam kantung nasi.

6. Mudah Merasa Lelah

Meminum kopi dalam jumlah yang berlebih, maka kamu harus siap menerima efek sampingnya. Salah satunya mudah merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas.

7. Jantung Berdebar-debar

Kopi tidak selalu menenangkan, tetapi kopi juga bisa memberikan efek jantung berdebar-debar secara berlebihan karena terlalu banyak meminumnya.
ADVERTISEMENT
Hal ini terjadi karena kafein dalam kopi dapat memicu pelepasan hormon adrenalin yang bisa menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat.
Itulah penjelasan tentang efek minum kopi dalam jumlah berlebih bagi wanita maupun pria. Jika kamu orang yang candu kopi, sebaiknya batasi konsumsi harian yaitu maksimal 3 cangkir sehari. (DSI)