Garnish: Pengertian, Fungsi, dan Bahan yang Bisa Digunakan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
17 Agustus 2023 21:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Garnish. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Garnish. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Bagi mereka yang beru belajar memasak, mungkin akan bertanya-tanya apa itu garnish?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Cold Appetizer, garsnish adalah bagian body yang diatur kembali di atas hidangan sebagai hiasan atau dapat juga menggunakan bahan makanan lain.
Untuk lebih mengenal tentang pengertian istilah garnish beserta fungsi dan bahan yang biasa digunakan, mari simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Garnish

Ilustrasi Garnish. Sumber: Unsplash
Garnish adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Perancis yang mempunyai arti hiasan hidangan. Dengan kata lain, garnish adalah penghias menu dalam bentuk yang unik dan cantik.
Biasanya garnish ditambahkan pada makanan maupun minuman supaya memberi daya tarik lebih dari suatu hidangan yang dibuat. Karena sebuah makanan bukan hanya dinilai dari rasa saja, melainkan tampilannya dapat menambah nilai jual tersendiri.

Fungsi Garnish

Penggunaan garnish dalam suatu hidangan makanan maupun minuman mempunyai berbagai fungsi, antara lain:
ADVERTISEMENT

Bahan Membuat Garnish

Membuat garnish dapat dilakukan dengan berbagai bahan sederhana dan mudah ditemukan. Beberapa bahan pembuatan garnish sederhana tersebut adalah sebagai berikut.

1. Daun Pandan

Daun pandan menjadi salah satu bahan pembuat garnish yang menarik. Biasanya bahan satu ini digunakan sebagai penghias makanan penutup, seperti kue nusantara.
Penggunaan daun pandan bukan hanya dipakai untuk mempercantik tampilan makanan, melainkan juga sebagai penambah aroma. Semakin wangi aroma dari makanan tersebut, semakin meningkat pula selera makan orang yang melihatnya.

2. Tomat

Bahan pembuat garnish berikutnya adalah tomat. Warna merah yang dimiliki tomat mampu meningkatkan tampilan dari hidangan serta menambah selera makan orang yang melihatnya.
ADVERTISEMENT
Umumnya tomat digunakan sebagai garnish pada makanan nasi kuning, spaghetti, dan lain sebagainya. Dalam penyajiannya, tomat biasanya diiris kecil-kecil atau dibentuk menyerupai bunga mawar.
Demikian pembahasan mengenai apa itu garnish beserta fungsi dan berbagai bahan yang dapat digunakan dalam pembuatannya. (LAU)