Harga Perkutut Bangkok untuk Peliharaan di Rumah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 Juni 2024 20:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Harga Perkutut Bangkok. Foto: dok. Unsplash/Lighten Up
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Harga Perkutut Bangkok. Foto: dok. Unsplash/Lighten Up
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Harga perkutut bangkok merupakan informasi penting yang perlu diketahui bagi para pencinta burung yang ingin mengoleksi perkutut bangkok. Kisaran harga burung perkutut bangkok ini sangat bervariasi. Maka dari itu, pencinta burung perlu memerhatikan kualitas burung beserta harga yang dibanderol untuk tiap burung yang dijual.
ADVERTISEMENT

Kisaran Harga Perkutut Bangkok untuk Peliharaan di Rumah

Ilustrasi Harga Perkutut Bangkok. Foto: dok. Unsplash/Ruud van der Horst
Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung yang banyak disukai sebagai burung peliharaan. Ada beberapa jenis burung perkutut yang umum dijadikan sebagai hewan peliharaan. Dikutip dari buku berjudul Menghasilkan Perkutut Berkualitas yang disusun oleh Okto S. Pratiknjo (2003: 8), perkutut lokal adalah jenis perkutut yang memiliki habitat hidup di alam bebas.
Biasanya burung perkutut lokal hidup secara berkelompok dengan jumlah kurang dari sepuluh ekor. Perkutut lokal sangat suka mengonsumsi biji-bijian sebagai makanan utamanya.
Maka dari itu, perkutut jenis ini banyak ditemukan di sekitar padang rumput, persawahan, pinggir hutan, dan bukit berbatu dengan banyak rerumputan. Selain perkutut lokal, terdapat pula perkutut jenis perkutut bangkok.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku berjudul Mencetak Perkutut Juara yang disusun oleh Bayu Sugiharto, Maloedyn Sitanggans (2011: 17), sebelum tahun 1980, perkutut bangkok masih asing di Indonesia. Perkutut bangkok sering kali tersisih dalam perlombaan sebab irama manggung masih kalah bagus dibandingkan dengan perkutut lokal.
Namun begitu, perkutut bangkok sudah bisa mulai berbunyi gacor sejak usia delapan bulan hingga satu tahun. Sedangkan perkutut lokal bisa mulai berbunyi gacor dan mulai berkicau sejak usia tiga tahun.
Selain itu, perkutut bangkok memiliki suara yang lebih keras dibandingkan dengan suara perkutut lokal. Untuk makanannya, perkutut bangkok biasanya makan millet dan biji kenari saja.
Perkutut bangkok ini dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan perkutut lokal. Harga perkutut bangkok berkisar sekitar Rp50.000 bahkan hingga Rp850.000 untuk setiap ekornya.
ADVERTISEMENT
Perbedaan kisaran harga burung perkutut bangkok ini disesuaikan dengan suara kicauan yang dimilikinya. Selain itu, perbedaan harga juga dipengaruhi oleh kualitas burung perkutut bangkok yang dijual.
Demikian informasi harga burung perkutut bangkok yang dapat dijadikan sebagai referensi sebelum membeli burung perkutut bangkok sebagai hewan peliharaan. Dengan begitu, pencinta burung dapat menyiapkan bujet yang sesuai untuk membeli burung. (DAP)