Ide Kreatif Membuat Karya Seni Daur Ulang yang Unik dan Cantik

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 20:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ide Kreatif Membuat Karya Seni Daur Ulang. Foto: dok. Unsplash/Robert Euro Djojoseputro
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ide Kreatif Membuat Karya Seni Daur Ulang. Foto: dok. Unsplash/Robert Euro Djojoseputro
ADVERTISEMENT
Ide kreatif membuat karya seni daur ulang adalah ide yang dapat diterapkan untuk memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai menjadi suatu hal yang bermanfaat.
ADVERTISEMENT
Ada banyak sekali ide yang dapat dicoba, salah satunya adalah membuat kotak pensil dari botol plastik bekas. Selain itu, masih ada beberapa ide lainnya yang dapat digunakan.

Ide Kreatif Membuat Karya Seni Daur Ulang dari Bahan Bekas

Ilustrasi Ide Kreatif Membuat Karya Seni Daur Ulang. Foto: dok. Unsplash/Viktor Forgacs
Dikutip dari buku berjudul 2ND Preneurship: Melirik Untung dari Bisnis Barang 2ND Tahan Krisis yang disusun oleh Senja Nilasari (2021: 161), barang bekas atau limbah yang tidak terpakai dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan.
Ada banyak jenis barang bekas yang dapat dibuat sebagai barang kerajinan baru yang memiliki manfaat. Berikut ini beberapa ide kreatif membuat karya seni daur ulang dari bahan bekas menjadi barang yang unik, cantik, dan bermanfaat.

1. Tempat Pensil dari Botol Bekas

Botol plastik bekas dapat dikreasikan menjadi wadah serba guna. Contohnya seperti tempat pensil. Selain digunakan sebagai tempat pensil, botol bekas juga dapat diubah menjadi wadah kuas make up dan produk kecantikan. Caranya dengan memotong bagian botol yang tidak dibutuhkan lalu botol diberi pewarna agar terlihat cantik.
ADVERTISEMENT

2. Tas Cantik dari Sampah Plastik

Sampah plastik bekas kemasan minuman atau makanan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat tas cantik. Caranya adalah dengan mengumpulkan plastik bekas kemasan makanan lalu dibentuk dan dianyam sehingga membentuk tas yang diinginkan. Biasanya tas ini digunakan untuk belanja ke supermarket atau bahkan belanja sayuran di pasar.

3. Vas Bunga dari Botol Bekas

Botol bekas juga dapat dikreasikan menjadi sebuah vas bunga yang cantik untuk menambah dekorasi ruangan dalam rumah. Cara mengolahnya hampir sama dengan membuat tempat pensil dari botol bekas yaitu dengan memotong bagian botol yang tidak dibutuhkan, lalu botol dibersihkan sebelum diberi pewarna.
Agar terlihat lebih cantik dan unik, vas bunga dari botol bekas ini dapat diberikan aksen tambahan berupa aksesori atau manik-manik cantik.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa ide kreatif membuat karya seni daur ulang yang dapat dijadikan sebagai benda bermanfaat. Semoga dapat menginspirasi untuk mengolah barang bekas menjadi barang serbaguna. (DAP)