Ikan Koki Panda beserta Fakta Menariknya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ikan koki panda. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan koki panda. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikan koki panda termasuk jenis ikan varian oranda yang memiliki gumpalan menyerupai brokoli di bagian kepalanya. Ikan koki panda adalah jenis ikan yang unik dan terkenal mahal. Sesuai namanya, bentuk wajah dan warna tubuhnya seperti panda.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Keunikan Ikan Goldfish: Perbedaan dengan Jenis Ikan Hias Lainnya karya Satyo Pijar, ikan koki panda memiliki tubuh yang sangat menggemaskan karena posturnya pendek dan terlihat bantet.
Ketika ikan koki panda berenang, ekornya membentuk seperti segitiga. Sirip bagian bawah dan atasnya terlihat seperti perpaduan proporsional yang menambah kesan yang anggun saat ikan koki berenang.

Ikan Koki Panda beserta Fakta Menariknya

Ilustrasi ikan koki panda. Sumber: pixabay
Berikut penjelasan mengenai fakta menarik ikan koki panda yang mencakup informasi mengenai perilaku, tampilan, habitat alami, beserta cara perawatannya.

1. Perilaku Ikan Koki Panda

Ikan koki panda termasuk ikan yang tenang dan jinak. Ikan ini berenang dengan cara yang perlahan pada seluruh bagian akuarium serta mampu hidup harmonis dengan ikan lainnya yang mempunyai temperamen yang serupa dengan ikan koki panda.
ADVERTISEMENT

2. Habitat Alami Ikan Koki Panda

Ikan koki panda asalnya dari perairan yang dingin di Cina. Ikan koki panda sendiri merupakan hasil dari pembiakan dan seleksi hibrida yang dikerjakan di dalam lingkungan akuarium.
Ikan koki panda perlu kondisi air yang mirip dengan habitat aslinya supaya tetap sehat dan mampu berkembang dengan baik dan sehat.

3. Tampilan Ikan Koki Panda

Pada umumnya ikan koki panda mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil dari jenis lainnya dengan panjang tubuh di antara 10 hingga 15 sentimeter ketika berusia dewasa. Dengan lingkungan air akuarium serta perawatan yang baik dan ideal, ikan koki panda dapat tumbuh dengan ukuran lebih besar.
Ikan koki panda memiliki warna hitam dominan yang pada umumnya menutupi bagian sirip, kepala hingga beberapa bagian tubuh lainnya, dan warna putih lebih sedikit mewarnai bagian tubuh sisanya. Perpaduan warna monokrom ini membuatnya menjadi eksotis.
ADVERTISEMENT

4. Perawatan Ikan Koki Panda

Perawatan ikan koki panda yang termasuk ke dalam hewan omnivora, yakni pemakan segala memerlukan pakan seimbang yang terdiri atas pakan sayuran, pelet, hingga protein hewani.
Kualitas air dalam akuarium juga perlu dijaga dengan memasang sistem filtrasi demi menjaga kebersihan air hingga mengurangi tingkat nitrit dan amonia.
Demikian penjelasan mengenai ikan koki panda beserta fakta menariknya. (ARH)