Konten dari Pengguna

Jenis Anjing Alaskan Malamute yang Memiliki Hati Lembut

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
9 Mei 2024 23:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi anjing alaska malamute. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anjing alaska malamute. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di dunia ini, ada banyak jenis anjing yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Salah satunya Alaskan Malamute yang dikenal sebagai ras anjing tertua. Diperkirakan, anjing ini sudah ada sejak 5000 tahun silam.
ADVERTISEMENT
Kepopuleran Alaskan Malamute sendiri bukan semata-mata hanya karena merek ras tertua, melainkan disebabkan oleh kekuatan dan keberanian mereka. Jadi, anjing ini lebih dari sekedar peliharaan, tetapi juga sebagai teman.
Bagi yang tertarik untuk memeliharanya, kenali lebih dalam tentang jenis anjing Alaskan Malamute yang memiliki hati lembut di sini.

Mengenal Jenis Anjing Alaskan Malamute

Ilustrasi anjing alaskan malamute. Sumber foto: Unsplash
Alaskan Malamute merupakan salah satu ras anjing yang memiliki penampilan seperti serigala. Ciri khasnya suka melengkungkan ekor ke belakang, memiliki rambut tebal, serta telinga tegak.
Ras anjing ini sendiri dikenal memiliki tubuh yang besar, di mana tinggi alaskan jantan hanya 64-71 cm, sementara betina 56-66 cm. Untuk berat, tubuh mereka bisa mencapai 38-56 kg.
Dikutip dari laman Purina, meski alaskan malamute memiliki tampilan seperti serigala, sifat mereka sangatlah penyayang dan ramah. Karena itu, mereka sangat suka bermain dengan pemiliknya.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu saja, masih ada sejumlah fakta menarik mengenai jenis anjing Alaskan Malamute tersebut. Berikut pembahasannya.

1. Digunakan untuk Menarik Kereta Luncur

Anjing Alaskan Malamute memang dikenal memiliki badan yang besar. Karena itu, fisik dan daya tahan mereka sangat kuat, sehingga bisa dengan mudah membawa barang berat.
Karena kekuatannya ini, mereka sering dijadikan sebagai alat untuk menarik kereta luncur. Bahkan, ada perlombaan kereta luncur yang khusus dibuat untuk Alaskan Malamute.

2. Cerdas dan Lembut

Selain memiliki sifat yang ramah dan penyayang, Alaskan Malamute juga dikenal cerdas dan lembut. Mereka juga termasuk dalam kategori ras anjing yang mudah bergaul dengan anak kecil. Karena sifatnya ini, mereka sering digunakan sebagai anjing terapi di rumah sakit.

3. Tidak Memiliki Umur Panjang

Fakta terakhir dari Alaskan Malamute adalah mereka tidak memiliki umur panjang. Rata-rata, mereka hanya bertahan hidup selama 10-12 tahun. Biasanya, penyebab kematian mereka adalah penyakit jantung bawaan, gangguan kulit, hingga katarak.
ADVERTISEMENT
Demikian pembahasan mengenai jenis anjing Alaskan Malamute yang dikenal memiliki hati lembut dan penyayang. (RN)