Jenis-Jenis Bunga Krisan yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
26 Juni 2023 22:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis-Jenis Bunga Krisan. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis-Jenis Bunga Krisan. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui jenis-jenis bunga krisan, maka seseorang dapat memilih krisan yang paling cocok utnuk mempercantik tampilan rumah.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Mengenal Tanaman Holtikultura, bunga krisan adalah tanaman hias yang bunganya mekar seperti bunga matahari, tetapi ukurannya lebih kecil.
Bunga krisan mempunyai banyak warna, mulai dari kuning, ungu, sampai putih. Bagi yang masih bingung dalam memilih jenis krisan mana yang tepat untuk menghiasi rumah, mari simak pembahasan dalam artikel ini.

Jenis-Jenis Bunga Krisan yang Cocok Ditaman di Rumah

Ilustrasi Jenis-Jenis Bunga Krisan. Sumber: Unsplash
Berikut ini beberapa jenis bunga krisan yang bagus untuk ditanam di pekarangan rumah:

1. Krisan Caritanum

Jenis pertama adalah krisan caritanum. Jenis krisan yang mempunyai daun mencolok ini merupakan tanaman tahunan dengan pertumbuhan sangat cepat.
Jenis bunga krisan satu ini adalah salah satu bunga yang tepat untuk pekarangan rumah karena mempunyai warna sangat cerah. Setiap bunganya mempunyai dua sampai tiga warna yang saling melingkar.
ADVERTISEMENT

2. Krisan Inodorum

Jenis bunga krisan berikutnya adalah krisan inodorum. Keindahan krisan inodorum berhasil menjadikannya salah satu jenis krisan paling banyak disukai.
Tanaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 35 sampai 40 cm dengan masa panen yang juga singkat yaitu 3 hingga 4 bulan saja. Bentuknya yang mungil dengan warna putih bersin menjadikan jenis krisan satu ini kerap dijadikan buket.

3. Krisan Pompom

Krisan pompom mulanya dikenal sebagai chusan daisy di Cina. Setelah bunga ini diperkenalkan ke Versailles pada 1847, jenis krisan pompom disebut ibu kancing. Nama tersebut diambil dari kelopak bunganya yang berlapis-lapis dan membentuk pompom.
Umumnya, krisan pompom mempunyai warna kuning, ungu, dan putih dengan diameter gumpalannya yang dapat melebihi 10 cm.
ADVERTISEMENT

4. Krisan Maximum

Ukuran krisan maximum termasuk paling tinggi di antara jenis lainnya. Ukurannya yang besar membuat jenis krisan satu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai penghias pagar rumah.
Kelopak bunga krisan maximum mempunyai warna putih dengan inti berwarna kuning.

5. Krisan Segetum

Jenis bunga krisan yang berikutnya adalah krisan segetum. Umumnya, tanaman ini berbunga setiap bulan Juni sampai Oktober. Bunga krisan segetum mulai mekar setelah tiga bulan dari penanaman bibit.
Tanaman krisan segetum dapat tumbuh tinggi mencapai 50 cm dan dapat bertahan sampai dua bulan setelah tumbuh. Ciri khas bunga ini terletak pada kelopaknya yang berwarna kuning.
Demikian pembahasan tentang berbagai jenis bunga krisan yang dapat dipilih sebagai penghias pekarangan rumah. Mana yang ingin Anda pilih? (LAU)
ADVERTISEMENT