Konten dari Pengguna

Jenis Pembukaan Catur yang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
2 April 2024 20:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Pembukaan Catur. Foto: dok. Unsplash/Randy Fath
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Pembukaan Catur. Foto: dok. Unsplash/Randy Fath
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jenis pembukaan catur adalah strategi yang dijalankan untuk membuka atau mengawali permainan catur. Ada beberapa jenis pembukaan yang dapat dilakukan, salah satunya adalah pembukaan Ruy Lopez. Selain jenis pembukaan ini, terdapat jenis lainnya yang dapat digunakan untuk mengawali permainan catur.
ADVERTISEMENT

Mengenal Macam-Macam Jenis Pembukaan Catur

Ilustrasi Jenis Pembukaan Catur. Foto: dok. Unsplash/Maarten van den Heuvel
Dikutip dari buku berjudul Seni Penerjemahan Sastra: Panduan, Gagasan, dan Pengalaman karya Anton Kurnia (2022: 133), catur merupakan permainan adu strategi antara dua orang yang dimainkan di atas sebuah papan yang tersusun dari 64 kotak berwarna hitam dan putih yang berselang seling dan terbagi sama rata.
Permainan papan satu ini berasal dari India. Permainan ini sudah mulai dikenal sebelum abad ke-7 Masehi. Nama permainan catur berasal dari istilah chaturanga dari dalam bahasa Sansekerta yang berarti empat pasukan. Nama ini merujuk pada bala tentara yang digunakan oleh negara India pada saat itu.
Dalam bermain catur, pemain harus menjalankan strategi tertentu untuk dapat memenangkan permainan. Strategi ini dapat dijalankan mulai dari awal permainan. Berikut ini beberapa jenis pembukaan catur yang dapat digunakan pemain:
ADVERTISEMENT

1. Pembukaan Catur Ruy Lopez

Strategi pembukaan Ruy Lopez atau yang juga dikenal dengan Spanish Opening dikenal sebagai strategi pembukaan catur yang paling populer di dunia.
Strategi ini memiliki fokus utama untuk mengontrol pusat papan catur dan membuka jalur untuk ratu. Pemain yang menggunakan strategi ini berupaya mendapatkan kendali atas bagian tengah papan sehingga pemain dapat menjalankan bidak catur miliknya dengan efisien.

2. Pembukaan English Opening

Jenis pembukaan catur satu ini juga cukup banyak digunakan sebab memiliki keuntungan. Salah satu keunggulan menerapkan pembukaan catur ini adalah meningkatkan kemungkinan bagi pemain untuk menyesuaikan permainannya. Namun hal ini disesuaikan dengan respons lawan.

3. Pembukaan Reti

Pemain yang menggunakan pembukaan ini dapat berupaya untuk mengganggu rencana pemain lawan. Dengan begitu, peluang untuk menyerang di tahap berikutnya dapat terbentuk. Jenis pembukaan ini cenderung menutup posisi sehingga kedua pemain dapat membuat pertahanan dan perencanaan strategis.
ADVERTISEMENT
Beberapa jenis pembukaan catur yang dibahas dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menjalankan permainan catur. (DAP)