Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga? Ini Penjelasannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
8 Juni 2024 23:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi waktu olahraga. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi waktu olahraga. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kapan waktu yang tepat untuk olahraga? Pertanyaan ini mungkin masih sering menghantui beberapa orang yang suka beraktivitas fisik. Sebab, jam juga bisa memengaruhi efektif atau tidaknya olahraga.
ADVERTISEMENT
Bagi individu ingin mengetahui waktu terbaik untuk berolahraga, simak pembahasannya di sini.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga?

Ilustrasi olahraga. Sumber foto: Unsplash
Olahraga merupakan aktivitas fisik yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Meski begitu, masih ada individu yang belum mengetahui waktu terbaik untuk berolahraga.
Dikutip dari laman U Perform, waktu ternyata dapat memengaruhi ritme alami tubuh. Seperti yang diketahui, dalam 24 jam, tubuh memiliki siklus harian alami yang mengatur berbagai fungsi tubuh. Karena itu, jika konsisten di waktu yang sama, tubuh akan terbiasa.
Waktu terbaik untuk berolahraga sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari kenyamanan individu. Namun, banyak orang yang percaya jika pagi hari, saat perut kosong, adalah momen yang tepat.
Selain itu, berolahraga di pagi hari juga membantu individu untuk memenuhi energi, sekaligus meningkatkan hormon endorfin. Dengan ini, hari akan terasa produktif dan menyenangkan untuk dijalani.
ADVERTISEMENT
Olahraga di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang berarti tubuh manusia akan membakar kalori lebih banyak dalam sehari. Akibatnya, lemak pun akan berkurang.
Meski begitu, olahraga di pagi hari juga memiliki kekurangan, yakni meningkatkan risiko terjadinya cedera. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanasan, sehingga otot dan sendi yang baru bangun dari tidur akan merasa kaku, serta sulit dibuat lincah.

Apakah Boleh Olahraga di Siang atau Malam Hari?

Apakah boleh berolahraga di siang atau malam hari? Jawabannya, tentu saja boleh. Di siang hari, biasanya otot sudah lebih hangat, sehingga risiko cedera bisa berkurang.
Selain itu, berolahraga di siang hari juga dapat membantu menyegarkan pikiran dan tubuh setelah penat bekerja. Dengan ini, produktivitas pun akan meningkat.
ADVERTISEMENT
Sedangkan, olahraga di sore atau malam hari, setelah penat beraktivitas seharian juga bisa membuat tubuh rileks. Dengan ini, kualitas tidur menjadi lebih baik. (RN)