Kenali Jenis-jenis Gitar dan Karakteristiknya, Jangan Salah Pilih!

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
8 Mei 2023 20:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto gitar. Sumber foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto gitar. Sumber foto: unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gitar merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari atau plektrum. Gitar masuk ke dalam jenis kelompok alat musik harmonis dan melodis.
ADVERTISEMENT
Para musisi mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis gitar. Namun tak ada salahnya jika orang awam juga ingin mengetahui beragam jenis gitar.

Jenis-jenis Gitar dan Karakteristiknya

Ilustrasi foto gitar. Sunber foto: unsplash
Gitar merupakan alat musik yang sangat populer terutama di kalangan anak muda. Dikutip dari situs DK Find Out, gitar menjadi jadi salah satu instrumen yang paling banyak dimainkan di dunia.
Hal ini karena gitar bisa dipakai dalam berbagai genre musik. Gitar terdiri dari kayu berongga dengan enam senar yang direntangkan di atasnya. Senarnya pun dapat dipetik menggunakan jari atau plektrum.
Di dunia ini ada banyak sekali jenis gitar. Jika baru ingin belajar gitar, kenali terlebih dahulu jenis-jenis dan karakteristiknya, antara lain:

1. Gitar Klasik

Jenis pertama yang paling banyak ditemui adalah gitar klasik. Alat musik ini merupakan akustik bersenar nilon, dengan leher dan fretboard yang lebih lebar hingga dapat dimainkan dengan leluasa. Gitar jenis ini dinilai cocok untuk pemula. Hal ini disebabkan oleh senarnya yang lebih mudah dipetik menggunakan jari.
ADVERTISEMENT

2. Gitar Jumbo

Gitar ini diperkenalkan oleh Gibson pada 1930. Jenis ini menyediakan rongga suara terbesar dari semua bentuk gitar. Karena pada awalnya gitar jumbo ditujukan untuk para profesional yang ingin mendapatkan suara besar.
Tak heran jika gitar jumbo memiliki suara yang sangat besar, seimbang dengan boom low-end. Sayangnya gitar ini mulai tergeser saar sistem amplifikasi akustik berkembang.

3. Auditorium

Jenis ini menjadi gitar akustik paling populer di pasaran. Auditorium memiliki pinggang yang sempit sehingga nyaman dimainkan sambil duduk.
Gitar jenis ini menawarkan nada yang jelas, seimbang, dan hangat di telinga. Bagi pemain yang menginginkan gitar multifungsi alias cocok untuk semua jenis musik dan gaya bermain, lebih baik pilih gitar auditorium.
ADVERTISEMENT

4. Dreadnought

Jenis gitar satu ini juga paling banyak ditemui di pasaran. Gitar ini diciptakan pada tahun 1916 oleh Martin, dan diberi nama sesuai kapal perang Inggris. Nama gitar juga cerminan dari bentuknya yang besar dan papan suara lebar.
Karena bentuknya yang sangat besar, dreadnoight menghasilkan suara yang berani dan seimbang dengan strong low-end, midrange tajam, dan trable jernih. Jadi, gitar ini sangat cocok untuk dimainkan dengan genre rock, bluegrass, dan country.
Itulah dia jenis-jenis gitar dan karakteristiknya. Semoga membantu!
(RAF)