Kenapa Aglonema Mahal? Ini Alasan yang Jarang Diketahui

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 22:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kenapa aglonema mahal, sumber foto: hartono subagio by pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kenapa aglonema mahal, sumber foto: hartono subagio by pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Aglonema tergolong tanaman hias yang punya daya tarik tersendiri dan harganya cukup fantastis. Lantas, kenapa aglonema mahal? Hal ini karena banyak tanaman aglonema yang sulit dikembangkan maupun disilangkan.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya daunnya yang indah dipandang, melainkan tanaman aglonema juga bisa menghilangkan polutan di udara. Tidak heran jika banyak yang tertarik menanam aglonema di rumah. Hal tersebut yang membuat harganya cukup fantastis.
Dikutip dari buku Memperbanyak Aglaonema karya Desi Saraswati, simak alasan aglonema menjadi tanaman hias yang mahal dalam penjelasan berikut.

Kenapa Aglonema Mahal?

Ilustrasi kenapa aglonema mahal, sumber foto: hartono subagio by pixabay.com
Aglonema merupakan tanaman hias sultan yang punya daya tarik tersendiri, sayangnya harganya tergolong mahal. Namun, di mata sebagian orang, mungkin tanaman aglonema terlihat seperti tanaman biasa sehingga akan heran jika harganya mahal.
Padahal, tanaman aglonema adalah tanaman hias yang tidak banyak dipasarkan dan menjadi incaran banyak orang. Jumlahnya yang sedikit membuat tanaman aglonema tergolong mahal, bahkan sulit ditemukan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, tanaman aglonema juga mendapat julukan Ratu Daun yang punya bentuk dan warna menakjubkan. Harga aglonema sendiri cukup bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta tergantung keindahan yang ditawarkan.
Harga aglonema yang mahal dipengaruhi oleh keberadaan aglonema sendiri, apalagi tanaman ini cukup sulit dibudidayakan. Kebanyakan tanaman aglonema yang mahal adalah tanaman yang jumlahnya tidak banyak dipasaran.
Mengingat ada beberapa aglonema yang baru disilangkan sehingga tidak mudah ditemukan di tempat lain. Bahkan, beberapa jenis aglonema tergolong sulit diperbanyak dan membutuhkan waktu cukup lama untuk tumbuh besar.
Bukan berarti tidak ada yang mudah dibudidayakan, hanya saja yang mudah dibudidayakan harganya tergolong lebih murah. Sayangnya, pencinta tanaman hias lebih menyukai aglonema baru yang masih belum dimiliki banyak orang.
ADVERTISEMENT
Misalnya adalah aglonema ID yang jumlahnya masih sangat sedikit sehingga harganya tergolong mahal. Aglonema dengan ID Golden Hope biasanya dibanderol jutaan rupiah, bahkan mencapai 20 juta karena sulit diperbanyak.
Golden Hope sendiri adalah hasil persilangan dari beberapa bibit aglonema. Tidak heran jika tanaman ini harganya cukup mahal, apalagi perlu melalui proses persilangan selama 2 tahun.
Kenapa aglonema mahal? Karena banyak jenis aglonema yang keberadaannya masih sulit ditemukan dan dibudidayakan.(DSI)