Kenapa Kucing Muntah? Cek Alasannya di Sini

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
20 Maret 2023 19:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kenapa Kucing Muntah. Sumber: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kenapa Kucing Muntah. Sumber: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemilik anabul mungkin pernah bertanya kenapa kucing muntah. Untuk mengetahui alasannya, simak artikel berikut sampai habis.
ADVERTISEMENT
Tri Bagas B dalam buku Rahasia Cara Melatih Kucing Anda di Rumah menyebutkan bahwa kucing merupakan hewan yang begitu tenang, sangat sopan, namun sedikit keras kepala.
Kucing dapat menjadi teman yang baik untuk manusia, maka dari itu tak heran banyak orang menjadikannya sebagai peliharaan.

Alasan Kucing Muntah

Ilustrasi Kenapa Kucing Muntah. Sumber: Pixabay
Ketika peliharaan tiba-tiba muntah, tentu pemilik akan panik dan mencari solusinya. Untuk menemukan solusi yang tepat, pemilik harus mengetahui dahulu beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu:

1. Camilan

Camilan dapat diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kucing. Namun pemilik kucing harus berhati-hati dalam memberikannya. Pastikan kandungan camilan benar-benar aman.
Pasalnya, adanya beberapa kandungan seperti pewarna, surfaktan, pengemulsi, hingga propilen glikol merupakan zat pengawet dan aditif yang dapat menyebabkan saluran cerna menjadi radang kemudian muntah.
ADVERTISEMENT

2. Makan Benda Asing

Alasan lain mengapa kucing muntah adalah karena tertelan benda asing, misalnya rambut atau mainan. Hal ini sangat rentan, karena kucing mempunyai kebiasaan menjilati tubuhnya.
Bulu yang dijilati akan menggumpal dan menjadi bola bulu. Namun sayangnya, kondisi saluran pencernaan milik kucing tidak dapat menangani seluruh bulu. Maka dari itu kucing muntah.

3. Infeksi

Di dalam usus kucing terdapat bakteri normal yang akan membantu proses pencernaan serta penyerapan nutrisi. Tapi apabila kucing terkena infeksi, maka bakteri jahat lah yang akan berkembang biak.
Akibatnya kerja usus akan terganggu dan menyebabkan gejala muntah pada kucing. Tak jarang gejala ini diikuti dengan mencret.

4. Racun

Kucing yang suka makan sembarangan dapat terkena racun maupun bahan kimia lainnya secara tidak sengaja. Apabila mereka menelannya, salah satu gejala dari penolakan tubuh adalah muntah.
ADVERTISEMENT
Inilah mengapa pastikan kucing tidak makan sembarangan. Selalu berikan makanan dalam kondisi bersih, cukup, dan penuh nutrisi.
Nah, itu dia berbagai kemungkinan alasan mengapa kucing bisa muntah. Apabila hal ini terjadi, segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapat penanganan segera. (LAU)