Kenapa Landak Mini Tidur Terus? Ini Jawabannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 23:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi landak mini. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi landak mini. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Meski memiliki tubuh penuh duri, landak mini merupakan salah satu hewan darat yang memiliki tubuh mungil dan penuh duri. Meski begitu, penampilannya yang menggemaskan membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, landak mini juga punya berbagai kebiasaan unik, salah satunya bisa tidur hingga 18 jam. Lantas, kenapa landak mini tidur terus? Temukan jawabannya di sini.

Kenapa Landak Mini Tidur Terus?

Ilustrasi landak mini. Sumber foto: Unsplash
Dikutip dari buku Cari Tahu Hewan-Hewan Bertubuh Kecil karya Fatiharifah, landak mini adalah hewan bertubuh mungil yang bisa merubah tubuhnya menjadi bola, ketika sedang merasa terancam.
Ketika sedang berjelajah di alam bebas, landak mini cenderung mengandalkan indra penciuman dan pendengaran mereka, daripada indra penglihatan. Karena itu, kebiasaan ini dianggap cukup unik.
Keunikan lain dari landak mini adalah mereka menghabiskan sebagian waktu untuk tidur. Ternyata, hal ini bisa terjadi karena landak mini termasuk dalam hewan soliter atau suka menyendiri.
ADVERTISEMENT
Apabila tidak ada teman untuk bermain, mereka akan memilih menghabiskan waktu dengan tidur, bahkan hingga mencapai 18 jam per hari.
Namun, perlu dipahami bahwa durasi tidur setiap landak mini berbeda-beda. Di mana hal ini tergantung pada suhu dan cuaca di sekitarnya.
Fakta lainnya, landak mini juga termasuk hewan nokturnal, yakni kebiasaan tidur sepanjang hari dan terjaga saat malam tiba. Karena itu, kita bisa melihat mereka berakvititas ketika bulan sudah muncul.

Posisi Tidur Kesukaan Landak

Landak mini juga memiliki posisi tidur favoritnya, yakni posisi meringkuk. Gaya tidur ini sudah menjadi naluri mereka untuk melindungi diri dari ancaman dan serangan musuh berbahaya. Sebab, ketika meringkuk, duri-duri di tubuh landak akan melindungi mereka.
ADVERTISEMENT
Sementara jika landak mini sudah tidur dengan posisi telentang, artinya ia sudah merasa nyaman dengan pemiliknya. Pasalnya, posisi ini juga menandakan bahwa hewan berduri tersebut percaya dan merasa aman di lingkungan itu.
Itulah penjelasan mengenai kenapa landak mini tidur terus yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk memeliharanya. (RN)