Konten dari Pengguna

Kenapa Tanaman Aquascape Layu? Ini Penyebabnya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
23 Mei 2024 23:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tanaman aquascape layu. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tanaman aquascape layu. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memahami alasan kenapa tanaman aquascape layu merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan keindahan tumbuhan. Kondisi ini sendiri memang kerap menjadi tantangan besar bagi aquarist.
ADVERTISEMENT
Ketika sudah menemukan alasan mengapa tanaman aquascape mudah layu, aquarist bisa dengan mudah menjaga kesehatan tumbuhan. Untuk itu, simak penyebabnya di bawah ini.

Kenapa Tanaman Aquascape Layu? Ini Dia Penyebabnya

Ilustrasi tanaman aquascape layu. Sumber foto: Unsplash
Aquascape merupakan kegiatan menghias, menata, dan merancang kebun air di dalam akuarium. Meski dianggap sulit, aktivitas ini sangatlah menyenangkan dan bisa menghilangkan rasa bosan.
Dikutip dari buku Aquascape: Pesona Taman dalam Akuarium karya Taufik Widjaja, membuat aquascape tidak hanya perihal air dan akuarium saja, tetapi juga suhu, cahaya, media, serta tumbuhan.
Meski menjadi komponen penting, tumbuhan sangat sering layu dan rusak. Akibatnya, aquascape pun menjadi kotor.
Untuk mencegah tanaman layu, penting bagi aquarist untuk mengetahui penyebabnya. Berikut penjelasannya,

1. Kurang Pasokan Cahaya

Pasokan cahaya merupakan kunci penting bagi tanaman aquascape untuk menghasilkan energi dan melakukan fotosintesis. Karena itu, kurangnya cahaya bisa mengakibatkan tanaman menjadi mudah layu.
ADVERTISEMENT

2. Kualitas Air Buruk

Kualitas air yang buruk juga bisa menyebabkan berbagai masalah bagi tanaman aquascape, termasuk membuatnya layu. Amonia tinggi dan pH tidak seimbang inilah yang bisa mengganggu keseimbangan nutrisi, dan akhirnya membuat tumbuhan layu.

3. Nutrisi Tidak Terpenuhi

Tanaman aquascape membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat. Kurangnya nutrisi penting seperti nitrogen, fosfor, dan kalium bisa menyebabkan tanaman menjadi lemah dan akhirnya layu.

4. Akuarium Kotor

Kebersihan akuarium tentunya juga penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tanaman aquascape. Jika akuarium kotor, maka bakteri akan berkembang biak dan membuat penyerapan nutrisi terhambat. Pada tahap ini, tanaman pun akan mudah layu.

5. Perawatan Tidak Rutin

Tanaman aquascape juga membutuhkan perawatan rutin, baik dari segi pemangkasan dan penggantian air. Jika hal ini dilakukan secara asal, maka kotoran pun akan menumpuk. Akibatnya, kualitas air bisa menurun. Jika sudah seperti ini, tanaman bisa lebih mudah layu.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa penyebab tanaman aquascape layu yang perlu diketahui aquarist agar bisa mencegahnya. (RN)