Kriteria Kandang Iguana yang Ideal untuk Membuatnya Nyaman

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 23:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kriteria Kandang Iguana. Foto: dok. Unsplash/Anthony Rae
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kriteria Kandang Iguana. Foto: dok. Unsplash/Anthony Rae
ADVERTISEMENT
Kriteria kandang iguana adalah hal penting yang perlu diperhatikan dalam memelihara iguana. Ada beberapa hal yang harus diketahui saat akan menyiapkan kandang iguana, salah satunya adalah penentuan ukuran kandang yang ideal. Hal ini dilakukan agar iguana tidak stres saat dipelihara dalam kandang.
ADVERTISEMENT

Kriteria Kandang Iguana yang Ideal agar Terbebas dari Stres

Ilustrasi Kriteria Kandang Iguana. Foto: dok. Unsplash/John Cobb
Mengutip dari dalam buku berjudul Cari Tahu Hewan-Hewan Bertubuh Kecil, yang disusun oleh Fatiharifah (2019: 29), iguana adalah hewan sejenis kadal yang memiliki habitat di daerah tropis. Maka dari itu, iguana banyak ditemukan di daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia.
Iguana dikenal hampir mirip dengan bunglon. Namun kedua hewan ini berbeda. Perbedaan antara bunglon dan iguana adalah kemampuan bunglon untuk berubah warna sesuai lingkungannya, sedangkan iguana tidak dapat mengubah warna tubuhnya.
Selain itu, iguana memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih panjang dan lebih berat dibandingkan dengan bunglon. Iguana banyak disukai sebagai hewan peliharaan.
Untuk dapat memelihara iguana, perlu diketahui bagaimana kriteria kandang iguana. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang perlu diperhatikan.
ADVERTISEMENT

1. Ukuran Kandang yang Sesuai dengan Tubuh

Agar iguana tidak stres saat dipelihara dalam kandang, sebaiknya ukuran kandang diperhitungkan terlebih dahulu. Idealnya, kandang iguana minimal berukuran 1,5 kali hingga 3 kali dari ukuran dan panjang iguana. Kisaran ukuran kandang yang bagus untuk iguana adalah sekitar 2,5 meter dengan tinggi minimal 1,5 meter.

2. Material yang Digunakan untuk Kandang

Untuk meminimalisir risiko iguana terluka saat di dalam kandang, pastikan kandang yang disediakan dibuat dengan material yang aman untuk iguana. Contoh material yang aman untuk membuat kandang iguana antara lain kayu dan plastik. Hindari penggunaan material berbahaya seperti logam atau besi. Penggunaan material tersebut dapat membuat iguana terluka saat bergerak di dalam kandang.

3. Buat Tepian Berjemur

Iguana sangat gemar berjemur di bawah sinar matahari. Oleh sebab itu, pastikan saat membuat kandang atau akan membeli kandang, terdapat tempat tepian untuk berjemur yang nyaman untuk iguana. Dengan begitu, iguana akan nyaman tinggal di dalam kandang.
ADVERTISEMENT
Pembahasan mengenai kriteria kandang iguana yang dijelaskan dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai panduan dalam mempersiapkan kebutuhan untuk memelihara iguana. (DAP)