Kucing Anggora vs Persia Mahal Mana? Ini Perbedaan Menariknya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kucing anggora vs persia mahal mana, sumber foto: Duygu by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kucing anggora vs persia mahal mana, sumber foto: Duygu by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kucing merupakan hewan peliharaan favorit yang banyak dipilih, tidak jarang beberapa orang ragu memilih kucing anggora atau Persia. Lantas, kucing anggora vs Persia mahal mana? Faktanya lebih mahal Persia karena bulunya terlihat mewah.
ADVERTISEMENT
Sebenernya, baik anggora maupun Persia punya keunikan masing-masing. Sehingga sebelum memustukan untuk memelihara, cari tahu perbedaan antara Persia dan anggora terlebih dahulu.
Dikutip dari buku Hidup Sehat Bersama Kucing Kesayangan karya Nurheti Yuliarti, simak perbedaan antara kucing anggora dengan Persia dalam penjelasan berikut.

Kucing Anggora vs Persia Mahal Mana?

Ilustrasi kucing anggora vs persia mahal mana, sumber foto: Carolina Castilla Arias by pexels.com
Pecinta kucing terkadang dibuat bingung apakah harus memelihara kucing anggora atau Persia. Apalagi keduanya sama-sama lucu dan menarik untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.
Beberapa orang mungkin akan melihat dari harga jual kedua kucing tersebut. Faktanya, kucing Persia memiliki harga jual yang relatif mahal karena memiliki bulu panjang yang terlihat mewah.
Fakta tersebut bukan berarti membuat kucing anggora daya tariknya kurang. Kucing anggora juga tidak kalah menggemaskan jika dijadikan hewan peliharaan, agar lebih yakin sebaiknya simak beberapa perbedaan berikut.
ADVERTISEMENT

1. Asal Usul

Jika dilihat asal usulnya, kucing anggora berasal dari Kota Anggora, atau sekarang disebut Ankara di Turki. Sedangkan kucing Persia berasal dari Persia atau Iran yang sudah populer sejak tahun 1600-an.

2. Jenis Bulu

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari bulu keduanya, di mana anggora bulunya lebih halus, sedikit bergelombang, dan panjang. Kucing Persia justru terkenal dengan bulu panjang yang lebat dan tebal dengan perawatan cukup ekstra.

3. Harga

Kucing anggora tergolong kucing peliharaan yang harganya lebih murah yaitu sekitar Rp 500 ribuan. Harga kucing Persia justru lebih mahal yaitu lebih dari satu juta rupiah, ini sebanding dengan keindahan yang ditawarkan.

4. Kepribadian

Setiap jenis kucing tentu memiliki kepribadian yang berbeda-beda, seperti anggora yang sangat aktif dan energik. Kucing Persia justru sebaliknya karena menyukai lingkungan damai yang mendukung sikap tenang dan tidak terlalu energik.
ADVERTISEMENT
Kucing anggora vs Persia mahal mana? Dapat disimpulkan bahwa Persia harganya lebih mahal. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa perbedaan tersebut agar semakin yakin dalam memilih kucing peliharaan di rumah.(DSI)