Konten dari Pengguna

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Cabai yang Menakjubkan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
11 Juli 2024 23:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat cangkang telur untuk tanaman cabai, sumber foto: Eva Bronzini by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat cangkang telur untuk tanaman cabai, sumber foto: Eva Bronzini by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cangkang telur sering dianggap sebagai sampah yang sangat menggangu, padahal bisa dimanfaatkan untuk kesuburan tanaman cabai. Manfaat cangkang telur untuk tanaman cabai adalah membantu meningkatkan aerasi tanah, sehingga tanaman menjadi lebih subur.
ADVERTISEMENT
Selain itu, cangkang telur mengandung 95% kalsium karbonat, protein, dan mineral. Sehingga bisa dijadikan sebagai pupuk gratis yang kaya akan zat kalsium dan potasium untuk merangsang pertumbuhan tanaman.
Dikutip dari buku Pintar Tanaman Obat karya Redaksi AgroMedia, berikut beberapa manfaat dari cangkang telur yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman cabai.

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Cabai

Ilustrasi manfaat cangkang telur untuk tanaman cabai, sumber foto: Anna Shvets by pexels.com
Petani cabai tentu ingin tanamannya tumbuh dengan baik dan terhindar dari hama maupun penyakit. Sayangnya hal tersebut sulit terwujud tanpa melakukan berbagai upaya untuk mengendalikannya.
Tidak heran jika tanaman cabai membutuhkan perawatan cukup ekstra agar kesuburannya tetap terjaga. Salah satunya dengan pemberian pupuk dari cangkang telur, berikut beberapa manfaatnya.

1. Membantu Meningkatkan Aerasi Tanah

Aerasi tanah harus ditingkatkan dengan maksimal agar tanaman tetap tumbuh sehat dan subur. Cangkang telur bisa dijadikan sebagai pupuk tanaman karena bisa membantu meningkatkan aerasi tanah berkat kandungan kalsium karbonat didalamnya.
ADVERTISEMENT

2. Sebagai Pupuk Kompos

Kalsium dalam pupuk kompos bisa ditingkatkan dengan penambahan cangkang telur. Kalsium ini tentu sangat baik untuk membangun dinding sel pada tanaman, sehingga mendukung pertumbuhan tanaman lebih baik.

3. Mencegah Busuk pada Tanaman

Manfaat lain yaitu cangkang telur yang bisa membantu mencegah tanaman busuk, biasanya terjadi pada ujung bunga. Tanaman tidak akan mudah busuk berkat kandungan kalsium dalam cangkang telur yang diserap oleh tanaman cabai.

4. Mengendalikan Hama yang Menyerang

Hama yang menyerang tanaman tentu harus dikendalikan secepat mungkin, ini bisa menggunakan pupuk dengan campuran cangkang telur. Mengingat cangkang telur punya tepi tajam yang bisa melukai hama yang suka menyerang tanaman.

5. Menurunkan Tingkat Keasaman Tanah

Cangkang telur yang bersifat basa ini memiliki pH lebih tinggi daripada tanah asam. Sehingga cangkang telur bisa membantu menetralkan keasaman tanah agar cocok untuk membantu perkembangan tanaman cabai.
ADVERTISEMENT
Manfaat cangkang telur untuk tanaman cabai memang sangat beragam, sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui hal tersebut.(DSI)