Konten dari Pengguna

Manfaat Jeruk Nipis untuk Tanaman Cabai yang Jarang Disadari

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
11 Juli 2024 23:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat jeruk nipis untuk tanaman cabai, sumber foto: Pixabay by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat jeruk nipis untuk tanaman cabai, sumber foto: Pixabay by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jeruk nipis sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa jeruk nipis bisa untuk tanaman cabai. Salah satu manfaat jeruk nipis untuk tanaman cabai adalah membasmi hama kutu putih yang menyerang tanaman cabai.
ADVERTISEMENT
Selain itu, jeruk nipis bisa diolah menjadi pestisida alami untuk membasmi hama tanaman cabai. Apalagi proses membuat pestisida alami dari jeruk nipis relatif mudah, bahkan hanya butuh waktu singkat.
Dikutip dari buku Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis karya B. Sarwono, simak beberapa manfaat dari jeruk nipis untuk tanaman cabai dalam penjelasan berikut.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Tanaman Cabai

Ilustrasi manfaat jeruk nipis untuk tanaman cabai, sumber foto: Lisa Fotios by pexels.com
Jeruk nipis sangat baik untuk tanaman cabai karena mengandung zat aktif yang dapat mengendalikan hama. Sayangnya tidak semua petani cabai mengetahui hal tersebut, oleh karena itu penting untuk memahami manfaat jeruk nipis dalam penjelasan berikut.

1. Membasmi Hama Kutu Putih yang Menyerang Tanaman

Racikan jeruk nipis sangat ampuh untuk mengendalikan hama kutu putih yang suka menyerang tanaman cabai. Perlu diketahui bahwa kutu putih termasuk salah satu hama yang sangat merugikan karena bisa menghambat pertumbuhan tanaman cabai.
ADVERTISEMENT
Sehingga hama tersebut harus segera dikendalikan menggunakan cara yang benar, seperti memanfaatkan keberadaan jeruk nipis. Namun tidak hanya jeruk nipis, tetapi harus dicampur dengan bahan lain agar menjadi pestisida alami.

2. Mengusir Lalat Buah

Selanjutnya, jeruk nipis bisa membantu mengusir lalat buah yang merusak tanaman. Bukan hanya menyerang bunga cabai, lalat buah juga menyerang daun tanaman hingga membuatnya keriting dan berlubang.
Hal ini harus segera dikendalikan dengan jeruk nipis yang dijadikan pestisida. Penyemprotannya harus dilakukan secara rutin agar lalat buah tidak membuat tanaman cabai menjadi busuk dan mati.

3. Mencegah Jamur yang Menyerang Tanaman

Bukan hanya hama, tetapi tanaman cabai juga sering terkena jamur, apalagi jika lingkungannya lembab. Sehingga pemberian pestisida dengan kandungan jeruk nipis akan mengendalikan keberadaan jamur tersebut.
ADVERTISEMENT
Mengingat jeruk nipis mengandung senyawa metabolit sekunder sebagai antijamur, antimikroba, biopestisida, dan sebagainya. Tidak heran jika pemanfaatan jeruk nipis sangat disarankan untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit.
Manfaat jeruk nipis untuk tanaman cabai memang tidak banyak, tetapi sangat membantu menjaga kesuburan tanaman.(DSI)