Konten dari Pengguna

Manfaat Ulat Jerman untuk Cucak Ijo yang Penting Dipahami

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
10 Juli 2024 23:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ulat jerman. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ulat jerman. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cucak ijo sendiri merupakan salah satu burung hias yang banyak disukai karena memiliki warna yang menarik dan suara merdu. Untuk menjaga keunikannya tersebut, penting bagi pemilik untuk memberikan pakan berkualitas, seperti ulat jerma.
ADVERTISEMENT
Ada banyak manfaat ulat jerman untuk cucak ijo. Salah satunya untuk mengurangi over birahi. Ketahui berbagai manfaat lainnya di sini.

Manfaat Ulat Jerman untuk Cucak Ijo

Ilustrasi ulat jerman. Sumber foto: Unsplash
Dikutip dari buku Top 10 Burung Ocehan karya Rusli Turut, cucak ijo merupakan burung hias dari keluarga Chloropseidae, sehingga masih satu kerabat dengan cucak rante. Daya tariknya terletak pada tubuhnya yang didominasi oleh warna hijau pekat.
Selain tubuhnya yang full berwarna hijau, burung ini juga memiliki kicauan khas dan menarik, sehingga tak heran jika mereka sangat digemari dan sering diikutsertakan dalam lomba kicau.
Meski begitu, untuk menjaga keindahan warna dan suaranya, pemilik perlu memberikan cucak ijo pakan berkualitas seperti ulat jerman. Ulat ini dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat untuk burung peliharaan.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah beberapa manfaat ulat jerman untuk cucak ijo yang perlu diketahui pemiliknya.

1. Mengurangi Over Birahi

Meski kecil, siapa yang dapat mengira jika serangga ini mampu mengurangi over birahi cucak ijo. OB sendiri merupakan kondisi di mana burung menjadi agresif dan sulit dikendalikan.
Untuk mengatasi atau mencegah perilaku agresif akibat OB, pemilik bisa memberikan ulat jerman dengan porsi yang sesuai. Serangga ini memang dikenal tinggi nutrisi, sehingga bagus untuk menstabilkan hormon pada burung.

2. Menjaga Produktivitas

Ulat jerman juga bisa menjaga produktivitas cucak ijo karena mengandung protein yang bagus untuk kesehatan reproduksi burung. Jadi, dengan memberikan ulat jerman sebagai pakan tambahan, produktivitas cucak ijo dapat terjaga.

3. Membuat Tubuh Prima

Kesehatan fisik cucak ijo juga sangat bergantung pada asupan nutrisi. Tentunya, hal ini bisa didapatkan dari ulat jerman yang tinggi akan protein. Dengan memberikan ulat jerman secara rutin, kondisi tubuh mereka bisa tetap prima.
ADVERTISEMENT

4. Lebih Aman

Ulat jerman memiliki kandungan khitin yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis ulat lainnya. Khitin adalah bagian dari ulat yang sulit dicerna oleh burung.
Dengan kandungan khitin yang sedikit, ulat jerman menjadi lebih mudah dicerna dan diserap oleh cucak ijo.
Demikian pembahasan mengenai manfaat ulat jerman untuk cucak ijo yang perlu diketahui. (RN)