Manfaat Ulat Jerman untuk Pleci, Bikin Gacor

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 23:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat ulat jerman. Sumber foto: Unplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat ulat jerman. Sumber foto: Unplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ulat jerman dikenal sebagai pakan favorit bagi beberapa jenis burung, termasuk pleci. Selain lezat, ulat jerman memiliki kandungan protein dan nutrisi yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan pleci.
ADVERTISEMENT
Salah satu manfaat ulat jerman untuk pleci adalah membuat tubuh menjadi lebih kuat dan berenergi. Ketahui berbagai manfaat lainnya di sini.

Manfaat Ulat Jerman untuk Pleci

Ilustrasi ulat jerman. Sumber foto: Unsplash
Ulat jerman merupakan salah satu jenis serangga yang sering dijadikan sebagai pakan burung, seperti pleci. Meski harganya cukup ekonomis, ia tetap memiliki kandungan protein yang tinggi.
Dikutip dari buku Farm Big Book: Beternak 11 Pakan Alami Top milik Bambang Prasetio, kandungan yang terdapat di ulat jerman sendiri adalah 0,92 gr Protein, 9,5 gr Karbohidrat, 11,97 mg Magnesium, 0,07 mg Vitamin B1, 34,89 mg Fosfor, hingga 32,98 mg Kalsium.
Jika dilihat dari kandungannya, tak heran jika ulat jerman dikategorikan sebagai pakan top yang bagus untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan burung kicau, termasuk pleci.
ADVERTISEMENT
Bagi pemilik, menjadikan ulat jerman sebagai pleci peliharaan merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan sejumlah manfaat, di antaranya:

1. Menambah Energi

Ulat jerman memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga bisa menjadi sumber energi yang baik bagi pleci. Protein adalah komponen penting dalam diet burung karena membantu dalam perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh.
Dengan asupan protein yang cukup, pleci akan memiliki pasokan energi yang banyak untuk beraktivitas dan berkicau sepanjang hari.

2. Membuat Daya Tahan Tubuh Pleci Kuat

Ulat jerman juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh pleci. Hal ini tentunya disebabkan oleh kandungan nutrisi dalam ulat jerman, seperti vitamin dan mineral, yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh burung.
Dengan daya tahan tubuh yang kuat, pleci akan tahan terhadap serangan penyakit dan infeksi berbahaya.
ADVERTISEMENT

3. Meningkatkan Frekuensi Bunyi

Pleci yang sering berkicau atau gacor merupakan impian setiap pemilik burung. Untuk mendapatkannya dengan mudah, pemilik bisa memberikan ulat jerman kepada pleci. Nantinya, hewan ini akan meeningkatkan frekuensi bunyi, serta memelihara pita suara pleci.

4. Melancarkan Pencernaan

Ulat jerman memiliki kandungan khitin yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis ulat lainnya. Khitin sendiri merupakan bagian dari eksoskeleton ulat yang sulit dicerna.
Dengan kandungan khitin yang sedikit, ulat jerman jauh lebih mudah dicerna oleh pleci sehingga pencernaannya pun menjadi lancar.
Itulah beberapa manfaat ulat jerman untuk pleci yang perlu diketahui oleh pecinta burung. (RN)