Mengenal Apa Itu Coffee Dripper dan Cara Menggunakanya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
20 Maret 2023 21:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi coffee dripper. Sumber: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi coffee dripper. Sumber: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Coffee dripper biasa digunakan sebagai penyaring kopi sebelum diseduh menggunakan air panas. Para peracik kopi tentunya tidak asing dengan alat yang satu ini. Lalu, apa sebenarnya coffee dripper dan bagaimana cara menggunakannya?
ADVERTISEMENT

Apa itu Coffee Dripper?

Coffee dripper adalah salah satu alat yang penting dalam membuat kopi manual brewing method pour over.
Dalam buku Sisi Kopi Menciptakan Kopi Bercita Rasa Tinggi, yang ditulis oleh Alexander Dwi Atmiko, dijelaskan bahwa coffee dripper adalah sebuah alat yang menjadikan racikan kopi memiliki citra rasa dan aroma yang kuat, bersih, dan menonjolkan berbagai karakter tertentu sesuai dengan jenis kopi yang digunakan.
Kini, berbagai brand coffee berlomba-lomba memproduksi coffee dripper dengan berbagai desain dan material yang dapat menghasilkan seduhan kopi terbaik.

Cara Menggunakan Coffee Dripper

Ilustrasi coffee dripper. Sumber: Pexels
Ada pun cara menggunakan coffee dripper adalah sebagai beriku:

1. Persiapkan bahan

Siapkan terlebih dahulu bubuk kopi yang digiling dengan level medium. Perbandingan kopi dengan air adalah 10 gram kopi : 120 ml air.
ADVERTISEMENT

2. Persiapkan alat

Sebelum menggunakan filter stainless steel yang terdapat pada alat, sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Kebersihan alat sangatlah penting, agar rasa dan aroma kopi tetap terjaga.

3. Proses penyeduhan

Berikut adalah proses penyeduhan dengan menggunakan coffee dripper:
- Masukkan bubuk kopi kurang lebih 10 gram ke dalam filter, kemudian ratakan bubuk menggunakan plunger dan biarkan plunger tetap di dalam filter.
- Rebus air hingga mendidih dengan suhu kurang lebih 92 - 95 derajat celcius.
- Tuangkan 20 ml air panas lalu diamkan selama 20 detik. Proses pendiaman ini sangat penting, agar bubuk kopi terekstraksi dengan sempurna.
- Setelah 20 detik, tuangkan semua sisa air panas ke dalam filter, lalu filter ditutup.
Proses penyeduhan ini cukup lama, sekitar 5-7 menit. Setelah proses penyeduhan selesai, tekan-tekan bubuk kopi menggunakan plunger agar air dalam kopi bisa turun semua. Pastikan yang tersisa didalam filter hanya ampas kopi.
ADVERTISEMENT
Setelah terseduh dengan sempurna, Anda bisa mulai nikmati menggunakan tambahan gula atau tanpa gula. Sesuai dengan selera Anda.
Itulah penjelasan tentang apa itu coffee dripper dan cara menggunakannya. Sederhananya, coffee dripper adalah sebuah alat penyaring kopi agar aroma dan cita rasa kopi menjadi lebih kuat. Tertarik untuk menggunakannya? (DAI)