Mengenal Apa Itu Kamera Ultrawide beserta Fungsinya

Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
22 September 2023 22:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kamera ultrawide. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Kamera ultrawide adalah kamera dengan jenis lensa yang dirancang untuk menghasilkan sudut pandang secara luas. Di zaman ini, kamera ultrawide semakin populer dan banyak digunakan.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa fungsi dari kamera ultrawide sehingga menjadi salah satu kamera favorit banyak orang?

Kamera Ultrawide beserta Fungsinya

Ilustrasi kamera ultrawide. Sumber foto: Unsplash
Kamera ultrawide adalah fitur yang semakin populer dan sering digunakan dalam berbagai jenis handphone. Kamera ini sendiri dirancang untuk menghasilkan sudut pandang secara luas.
Karena itu, kamera ultrawide menjadi fitur yang sangat berguna dalam fotografi dan pembuatan video. Pasalnya, kamera ini mengubah cara kita mengabadikan momen menjadi lebih kreatif dan dramatis.
Dilansir dari situs Android Police, kamera ultrawide sangat unik, karena dapat menangkap lebih banyak detail, memberikan tampilan foto yang lebih besar, sehingga cocok untuk digunakan membuat vlog.
Kamera ultrawide memang memiliki sejumlah fungsi, antara lain:

1. Fotografi Lanskap

Salah satu fungsi utama dari kamera ultrawide adalah fotografi lanskap, yakni memotret pemandangan alam, bangunan megah, dengan sudut pandang yang luas.
ADVERTISEMENT
Dengan kamera ultrawide, fotografer dapat menangkap seluruh pemandangan dengan sedetail mungkin.

2. Foto Grup

Kamera ultrawide juga sering digunakan sebagai fotografi grup. Di mana banyak orang akan muat dalam satu frame, tanpa perlu menjauhkan diri terlebih dahulu.

3. Fotografi Arsitektur

Fotografi arsitektur juga sering dipotret menggunakan kamera ultrawide. Dengan menggunakan lensa ini, seluruh ruangan hingga bangunan besar dapat dipotret dengan mudah.

4. Video Vlogging

Kamera ultrawide juga sering digunakan dalam pembuatan vlog. Di mana kamera ini dapat membantu kita untuk mengambil latar belakang yang luas, dengan detail sempurna.
Selain itu, kamera ultrawide juga membantu untuk mengambil dan menciptakan efek visual yang menarik, tanpa perlu effort lebih.

5. Mode Panorama

Kamera ultrawide juga sering digunakan dalam mode panorama. Dengan menggunakan lensa ini, fotografer dapat mengambil gambar panorama, seperti alam atau kota secara luas dan detail.
ADVERTISEMENT
Itulah dia pengertian dari kemara ultrawide beserta fungsinya. Jenis lensa ini memang sangat terbatas, dan hanya dimiliki oleh handphone atau kamera tertentu. (RN)
editor-avatar-0