Mengenal Asal Usul dan Jenis Tanaman Wisteria

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
25 Oktober 2023 17:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tanaman wisteria. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tanaman wisteria. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Tanaman wisteria dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang dibanderol dengan harga mahal karena pemeliharaannya yang juga cukup sulit, mulai dari pembibitan sampai pemindahan ke tanah.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan Buku Langkah-Langkah Merawat Tanaman Rambat karya Reftiana Metasari, tanaman wisteria merupakan tanaman rambat yang memiliki bunga menjuntai ke bawah berwarna ungu dan bercorak putih di bagian dalamnya.
Berikut akan dijelaskan mengenai asal usul dan jenis tanaman wisteria.

Asal Usul Tanaman Wisteria

Ilustrasi tanaman wisteria. Foto: Pixabay
Wisteria merupakan salah satu tanaman hias asal Jepang. Nama lain dari wisteria adalah bunga fuji. Tanaman wisteria memiliki nama ilmiah Wisteria floribunda.
Wisteria sangat indah dan menghasilkan warna kelopak yang beragam. Menariknya, bunga ini tidak hanya menghasilkan warna ungu yang cerah, tetapi ada beberapa corak warna menarik lainnya, seperti putih, merah muda, dan biru.
Tanaman wisteria termasuk golongan tanaman berbiji. Sayangnya, biji wisteria beracun sehingga tidak bisa dikonsumsi. Sedangkan, buah bunga fuji tidak beracun dan memiliki bentuk polong dengan permukaan kulit yang berbulu / beludru.
ADVERTISEMENT
Bunga wisteria diperkenalkan ke Amerika Serikat tahun 1830 yang kemudian menjadi sangat populer di negara tersebut. Tidak hanya cantik, sebagian masyarakat juga mengenal bunga ini sebagai bunga yang romantis.

Jenis Tanaman Wisteria

Ilustrasi tanaman wisteria. Foto: Pixabay
Tanaman wisteria ternyata memiliki beberapa jenis, yaitu:

1. Floribunda wisteria

Merupakan jenis wisteria asli dari Jepang. Jenis wisteria ini menghasilkan bunga yang paling besar di seluruh genus dengan warna kelopak ungu, putih, dan biru.

2. Wisteria frutescens

Merupakan wisteria yang berasal dari Amerika. Bunganya kebiruan dengan ukuran paling kecil di antara genusnya. Wisteria ini juga tahan pada cuaca dingin hingga -15° C.

3. Wisteria x formosa

Merupakan jenis hibrida atau persilangan antara wisteria sinensis dan floribunda wisteria. Bunganya berwarna ungu atau merah muda.

4. Wisteria sinensis

Merupakan spesies dari China yang berupa semak merambat dengan daun yang lebat. Bisa tumbuh tinggi hingga 30 meter.
ADVERTISEMENT
Kecantikan tanaman wisteria bisa hidup hingga 100 tahun kalau dirawat dengan benar. Demikian adalah pembahasan mengenai asal usul dan jenis tanaman wisteria. (SP)