Mengintip Cara Kerja Sistem Injeksi Sepeda Motor

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 20:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Kerja Sistem Injeksi Sepeda Motor. Sumber: Unplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Kerja Sistem Injeksi Sepeda Motor. Sumber: Unplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara kerja sistem injeksi sepeda motor banyak dipertanyakan oleh para pecinta transportasi satu ini.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor oleh Suryanto, injeksi bahan bakar mesin sepeda motor adalah rangkaian teknologi terkini yang digunakan dalam sebuah mesin pembakaran dalam dengan tujuan mencampur bahan bakar dengan udara sebelum terjadinya proses pembakaran.
Lantas, bagaimana cara kerja sistem injeksi sepeda motor?

Cara Kerja Sistem Injeksi Sepeda Motor

Ilustrasi Cara Kerja Sistem Injeksi Sepeda Motor. Sumber: Unplash
Seiring berkembangnya zaman, kini hampir seluruh motor baru menggunakan teknologi injeksi. Sistem ini terdiri dari berbagai komponen seperti injektor, fuel pump, ECU, throttle body, sampai sensor.
Prinsip kerja dari sistem injeksi sepeda motor adalah mengatur aliran bahan bakar secara elektronik sejak tangki sampai memasuki ruang bakar. Aliran tersebut diatur dalam bentuk kabut bervolume. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya lebih irit daripada pengabut bahan bakar kerburator.
ADVERTISEMENT
Bagian pengontrol utamanya adalah Engine Control Unit atau ECU. Honda menyebut bagian ini sebagai Engine Control Modul atau ECM. Saat kunci distel dalam posisi On, pompa bahan bakar akan bekerja selama 2 detik yang memberi tekanan ke selang bahan bakar.
Usai mesin dinyalakan, berbagai sensor akan memberi input pada ECM. Adapun sensor-sensor tersebut adalah O2, engine oil temperature (EOT), manifold air pressure (MAP), intake air temperature (IAT), throttle position sensor (TPS).
Terdapat berbagai jenis injeksi motor yang banyak digunakan, antara lain:

1. Direct Injection

Jenis injeksi motor berikutnya adalah Direct Injection. Jenis ini mempunyai fungsi menyemprotkan bahan bakar secara langsung menuju ruang bakar mesin. Prinsipnya melibatkan injektor yang dikendalikan ECU guna mengatur pencampuran bahan bakar dan udara.
ADVERTISEMENT

2. Port Injection

Sistem injeksi port injection banyak digunakan pada sepeda motor. Adapun cara kerjanya yakni menyemprotkan bahan bakar ke manifold intake sebelum ke ruang bakar. Terdapat kelebihan dari sistem ini yakni respons baik terhadap berbagai putaran.
Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai cara kerja sistem injeksi sepeda motor beserta jenisnya.(LAU)