Model Rajutan untuk Selimut Bayi yang Mudah Diikuti

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Model Rajutan untuk Selimut Bayi. Foto: dok. Unsplash/Michal Bar Haim
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Model Rajutan untuk Selimut Bayi. Foto: dok. Unsplash/Michal Bar Haim
ADVERTISEMENT
Model rajutan untuk selimut bayi adalah referensi yang dapat digunakan untuk membuat selimut bayi dengan motif dan model yang cantik.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa model rajutan yang dapat digunakan, salah satunya adalah model stockinette yang menggunakan metode tusuk atas dan bawah. Model selimut yang dihasilkan akan nampak unik dan cantik dengan menggunakan pola rajut ini.

Ragam Model Rajutan untuk Selimut Bayi

Ilustrasi Model Rajutan untuk Selimut Bayi. Foto: dok. Unsplash/Nathan Dumlao
Dikutip dari dalam buku berjudul Crocheting untuk Pemula yang disusun oleh Puspa Swara, ‎Ari Asih Pratiwi (2010: 2), merajut atau yang juga dikenal dengan istilah crochet merupakan salah satu teknik yang dilakukan dengan menggunakan satu jarum dengan ujung melengkung atau berbentuk kait.
Untuk membuat rajutan, perlu dipersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan dasar yang perlu dipersiapkan antara lain jarum berkait, benang, gunting dan meteran untuk mengukur pakaian atau benda yang akan dibuat.
ADVERTISEMENT
Ada banyak sekali benda yang dapat dibuat, salah satunya adalah selimut bayi. Untuk dapat membuat selimut bayi yang nyaman dengan motif yang cantik, berikut ini adalah beberapa model rajutan untuk selimut bayi yang dapat dibuat dengan mudah.

1. Model Stockinette

Model satu ini dapat dibuat dengan metode merajut dengan tusuk atas dan bawah. Hasil model rajutan ini akan terlihat perbedaan permukaan antara depan dan belakang bahan.
Biasanya ada dua jenis permukaan yang akan terlihat tairu permukaan yang datar dan rata, sedangkan sisi lainnya terlihat tidak rata. Biasanya model ini digunakan untuk membuat selimut rajut, taplak meja, topi dan celemek bayi.

2. Model Grater Stitch

Model rajutan yang dihasilkan dari pola rajutan ini akan terlihat manis dan sederhana. Model ini juga dapat dibuat dengan mudah, bahkan bagi pemula.
ADVERTISEMENT
Untuk dapat membuatnya, seseorang dapat merajut semua baris. Model ini dapat dibuat dengan satu jenis benang atau satu warna benang saja.

3. Model Seed Stitch

Seperti namanya, pola rajutan ini akan terlihat seperti biji-bijian yang unik. Hasil rajutan ini akan terlihat sama baik di bagian depan maupun bagian belakang bahan. Selain digunakan untuk membuat selimut, pola ini juga dapat digunakan untuk membuat syal penghangat di leher.
Sederet model rajutan untuk selimut bayi yang dibahas dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk membuat selimut bayi yang nyaman dan nampak manis. Semoga bermanfaat. (DAP)