Olahraga yang Dilakukan di Air untuk Meningkatkan Kebugaran

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 22:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi olahraga yang dilakukan di air adalah, sumber foto: John Cahil Rom by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi olahraga yang dilakukan di air adalah, sumber foto: John Cahil Rom by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Olahraga memang menjadi kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, apalagi olahraga air. Olahraga yang dilakukan di air adalah selancar. Olahraga penuh tantangan ini sering menarik perhatian banyak orang.
ADVERTISEMENT
Jenis olahraga air sendiri cukup beragam, pastinya bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan, beberapa olahraga air yang penuh tantangan bisa menciptakan kebahagiaan, menyehatkan jantung, dan menambah stamina.
Dikutip dari buku Industri Pariwisata Olahraga Air karya Suratmin, di bawah ini ada beberapa olahraga air yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan.

Olahraga yang Dilakukan di Air Adalah...

Ilustrasi olahraga yang dilakukan di air adalah, sumber foto: Max Ravier by pexels.com
Olahraga tidak hanya membakar kalori dalam tubuh, tetapi bisa menjadi healing terbaik dari padatnya aktivitas sehari-hari. Salah satunya, yakni olahraga air yang menambah kebugaran tubuh dan melatih kekuatan fisik. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

1. Selam Bebas

Pertama, ada selam bebas yang harus dilakukan dengan mental dan fisik yang prima karena tergolong olahraga ekstrem. Apalagi selam bebas ini dilakukan tanpa alat pelindung dan harus mengambil napas di permukaan air.
ADVERTISEMENT

2. Selancar

Olahraga yang satu ini memang tidak bisa dimainkan sembarang orang karena harus punya keahlian khusus. Bahkan, di beberapa lokasi, olahraga selancar hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah bersertifikat resmi.

3. Renang

Renang tergolong olahraga air paling umum yang sangat aman, bahkan sering dilakukan oleh anak-anak. Biasanya, olahraga ini akan dilakukan sebagai kegiatan rekreasi dan bersenang-senang dari padatnya aktivitas.

4. Snorkeling

Snorkeling sebenarnya hampir sama dengan selam bebas, hanya saja menggunakan peralatan lengkap. Peralatan tersebut, seperti baju selam, kacamata renang, dan alat pernapasan, kemudian mendapat panduan dasar.

5. Arung Jeram

Ada juga arum jeram yang dilakukan berkelompok minimal empat orang dan satu orang pemandu. Bukan hanya olahraga air, arung jeram juga menjadi kegiatan petualangan dan rekreasi di sungai dengan aliran air cukup kencang.
ADVERTISEMENT

6. Polo Air

Polo air merupakan olahraga yang dilakukan di kolam renang secara berkelompok. Menariknya, olahraga ini menggabungkan teknik gulat, renang, sepak bola, dan kegesitan dalam melempar bola basket.
Olahraga yang dilakukan di air adalah selancar, renang, dan arung jeram. Selain itu, masih banyak olahraga lainnya yang dapat meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan.(DSI)