Panduan Ukuran Kandang Kelinci yang Ideal untuk Peliharaan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ukuran kandang kelinci, sumber foto: Mohan Nannapaneni by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ukuran kandang kelinci, sumber foto: Mohan Nannapaneni by pexels.com
ADVERTISEMENT
Kelinci termasuk salah satu hewan mamalia favorit banyak orang yang sering dijadikan hewan peliharaan di rumah. Jika tertarik untuk memelihara, maka perlu memperhatikan panduan ukuran kandang kelinci yang ideal dan tepat.
ADVERTISEMENT
Mengingat kelinci termasuk hewan peliharaan yang lincah, jika kandang yang dipilih kurang tepat bisa membuat mereka sulit berkembang. Kelinci sendiri termasuk salah satu hewan peliharaan yang lucu, menggemaskan, dan sangat jinak.
Dikutip dari buku Panduan Memelihara Kelinci Hias karya Rudy Hustamin, berikut ini terdapat beberapa panduan ukuran untuk membuat kandang kelinci.

Panduan Ukuran Kandang Kelinci

Ilustrasi ukuran kandang kelinci, sumber foto: Pixabay by pexels.com
Kelinci memang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah, tetapi perlu dipelihara di dalam kandang yang tepat. Oleh karena itu, perhatikan panduan ukuran kandang kelinci secara tepat dalam penjelasan berikut.

1. Luasnya Cukup dan Menggunakan Bahan yang Kuat

Selalu pastikan bahwa kandang yang akan dibuat berukuran cukup luas agar kelinci bisa bebas melompat maupun berlari. Pastikan juga kandang yang dipilih terbuat dari bahan yang kuat dan aman agar tidak membuat kelinci peliharaan terluka.
ADVERTISEMENT

2. Memperhatikan Kelancaran Sirkulasi Udara

Kandang bukan hanya sebagai tempat tidur kelinci, tetapi juga menjadi tempat berkembang biak dan melakukan aktivitas. Oleh karena itu, ukuran kandang harus memiliki sirkulasi udara yang lancar serta melindungi kelinci dari hewan pengganggu.

3. Ukuran Kandang Harus Sesuai Tingkat Umur

Pada dasarnya, kandang kelinci harus disesuaikan dengan ukuran besar kecilnya kelinci serta jumlah yang akan dipelihara. Biasanya kelinci yang masih kecil hanya membutuhkan kandang berukuran 90 × 60 cm, sedangkan yang besar 180 × 60 cm.

4. Pilih Konstruksi Atap Kandang Terbaik

Bukan hanya memperhatikan ukuran, tetapi pemilik juga harus memperhatikan kontruksi atap kandang. Pastikan atap kandang menggunakan kontruksi yang kuat agar kelinci tetap aman dan harganya cukup terjangkau.

5. Arah Kandang Harus Menghadap Ke Timur

Arah kandang yang menghadap timur memungkinkan kelinci untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup saat pagi hari. Sinar matahari sangat baik untuk kelinci karena akan membunuh bakteri maupun kuman yang ada dalam kandang.
ADVERTISEMENT
Itulah panduan ukuran kandang kelinci yang ideal untuk peliharaan di rumah agar tetap bisa berkembang dengan baik.(DSI)