Pengertian Wide Shot dan Jenis Shot dalam Pengambilan Gambar

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
20 Agustus 2023 20:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi wide shot. Sumber: ROMAN ODINTSOV/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wide shot. Sumber: ROMAN ODINTSOV/pexels.com
ADVERTISEMENT
Wide shot adalah jenis pengambilan gambar yang dilakukan dengan menampilkan seluruh objek secara keseluruhan dan memberikan jarak antara atas kepala dan bawah kaki.
ADVERTISEMENT
Kabelen dalam Analisis Dramatisasi Shot Video pada Iklan Sampo “Pantene” menyebutkan bahwa wide shot dilakukan untuk menghasilkan gambar secara keseluruhan.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu wide shot, baca artikel ini sampai habis.

Apa itu Wide Shot?

Ilustrasi wide shot. Sumber: Tima Miroshnichenko/pexels.com
Pada dasarnya, teknik pengambilan gambar ada bermacam-macam, salah satunya adalah wide shot. Wide shot adalah jenis pengambilan gambar yang dilakukan untuk menampilkan objek secara keseluruhan, yaitu dari atas sampai bawah.
Hal ini digunakan untuk menampilkan gambar secara lebih jelas dan memenuhi bingkai foto. Di samping itu, jarak yang diberikan pada foto tersebut bertujuan untuk menciptakan ruang aman dan nyaman untuk dilihat.
Wide shot dalam pengambilan foto ini juga disebut dengan istilah long shot, total shot, atau full shot.
ADVERTISEMENT

Tipe Shot Lainnya

Selain wide shot, terdapat beberapa jenis shot lainnya. Adapun beberapa tipe shot lainnya adalah:

1. Mid Shot

Salah satu tipe shot adalah mid shot, yaitu suatu teknik pengambilan foto dalam fotografi yang dilakukan dengan menunjukkan beberapa bagian dari subjek saja.
Pada umumnya, tipe mid shot ini hanya akan menunjukkan bagian pinggang hingga atas kepala. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan ekspresi yang lebih rinci.

2. Medium Close Up

Tipe shot lainnya adalah medium close up. Seperti namanya, medium close up adalah teknik pengambilan gambar yang dilakukan untuk menampilkan wajah dari subjek secara jelas.
Untuk melakukan teknik pengambilan gambar ini, maka fotografer akan menunjukkan subjek hanya sebatas dari kepala sampai bagian dada saja. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan ekspresi wajah secara jelas.
ADVERTISEMENT

3. Very Wide Shot

Very wide shot adalah jenis pengambilan gambar yang sangat luas. Akan tetapi, dari segi visual akan tampak lebih sempit. Teknik ini memungkinkan seorang fotografer untuk mengambil banyak subjek.
Namun, sekalipun subjek dalam foto ini sudah tampak, penekanan dan kejelasannya masih kurang tinggi.

4. Extreme Wide Shot

Jenis pengambilan gambar yang terakhir adalah extreme wide shot, yaitu teknik yang dilakukan untuk menunjukkan lingkungan tempat beradanya suatu objek. Teknik pengambilan gambar ini kerap digunakan untuk mengambil suatu adegan yang subjeknya hampir tidak kelihatan karena sudut pandang terlalu lebar.
Demikian sederet informasi mengenai pengertian wide shot dan jenis pengambilan gambar lainnya. [ENF]