Konten dari Pengguna

Penyebab Bulu Kucing Anggora Rontok yang Sering Diabaikan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
11 Juli 2024 23:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi penyebab bulu kucing anggora rontok, sumber foto: Iqbal Nuril Anwar by pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penyebab bulu kucing anggora rontok, sumber foto: Iqbal Nuril Anwar by pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kucing anggora memang menjadi hewan peliharaan yang menggemaskan, tetapi cukup menjengkelkan jika bulunya mudah rontok. Penyebab bulu kucing anggora rontok salah satunya adalah kucing alergi terhadap makanan tertentu.
ADVERTISEMENT
Bulu kucing anggora yang rontok tentu menjadi hal penting yang membutuhkan perhatian khusus. Mengingat bulu kucing yang rontok bisa menjadi tanda kucing menderita penyakit tertentu dan membutuhkan pengobatan.
Dikutip dari buku berjudul Kucing Keren Zaman Now! karya Eny Pujiastuti dan Trubus Swadaya, simak beberapa penyebab bulu kucing anggora mudah rontok dalam penjelasan berikut.

Penyebab Bulu Kucing Anggora Rontok

Ilustrasi penyebab bulu kucing anggora rontok, sumber foto: Veronica Kaiser by pixabay.com
Bulu kucing anggora yang rontok tidak boleh dianggap sepele karena bisa menjadi tanda kondisi kesehatan kucing. Selain itu, bulu kucing yang mudah rontok sangat menggangu aktivitas dan cukup sulit dibersihkan.
Jika kucing anggora di rumah mengalami hal tersebut, jangan dibiarkan begitu saja. Ada baiknya untuk menyimak beberapa penyebab bulu kucing anggora rontok dalam penjelasan berikut.
ADVERTISEMENT

1. Kucing Alergi terhadap Makanan Tertentu

Bukan hanya manusia, tetapi kucing juga bisa mengalami alergi terhadap makanan tertentu. Alergi tersebut ditandai dengan kulit gatal, bulu rontok, muntah, diare dan kondisi kesehatan lainnya yang sangat menganggu.

2. Terserang Kutu

Kutu yang menyerang kucing akan membuat kucing anggora merasa gatal-gatal hingga terus menggaruk bulunya. Hal tersebut jika dibiarkan terus menerus akan membuat bulu kucing rontok, apalagi jumlahnya kutunya cukup banyak.

3. Terkena Penyakit Kurap

Penyakit kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, biasanya menyerang bagian kepala, telinga, dan kaki. Jika bulu bagian tersebut mengalami kerontokan, maka akan meninggalkan bekas seperti bercak merah hingga lapisannya menjadi berkerak.

4. Kekurangan Nutrisi

Tidak jarang bulu rontok menjadi tanda bahwa kucing anggora sedang kekurangan nutrisi seperti vitamin, protein, mineral, dan omega-3. Kucing yang kekurangan nutrisi bukan hanya ditandai bulu rontok, tetapi juga terlihat kurus, lemas, dan kurang bergerak aktif.
ADVERTISEMENT

5. Stres

Stres juga bisa dialami kucing, bahkan parahnya dapat memicu kerontokan bulu. Kucing yang stres bisa ditandai dengan sering menggaruk bulu, sering bersembunyi, malas makan, hingga menjadi lebih agresif.
Penyebab bulu kucing anggora rontok memang sangat beragam, tetapi hal tersebut harus segera dikendalian agar tidak menggangu kesehatan kucing.(DSI)