Penyebab Kucing Dikerumuni Semut agar Pemilik Waspada

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 Maret 2024 23:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi penyebab kucing dikerumuni semut. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penyebab kucing dikerumuni semut. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyebab kucing dikerumuni semut terutama adalah karena berada dekat dengan area yang banyak semut atau sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu.
ADVERTISEMENT
Ingin tahu lebih lanjut mengenai penyebab kucing dikerumuni semut? Simak artikel di bawah ini agar pemilik waspada dan lebih berhati-hati.

Penyebab Kucing Dikerumuni Semut

Ilustrasi penyebab kucing dikerumuni semut. Foto: Pexels
Kucing dan semut sebetulnya bisa saling menguntungkan. Saat kucing terserang kutu, maka semut bisa menjadi predator alami yang memangsa telur atau pra dewasa kutu berdasarkan Majalah Cat and Dog Edisi 28.
Namun, akan menjadi masalah ketika kucing dikerumuni oleh semut yang kemudian menggigit, sehingga kucing mengalami pembengkakan yang disertai rasa sakit.
Salah satu semut yang berbahaya bagi kucing adalah semut api. Gigitan semut api sangat menyakitkan hingga dapat menimbulkan reaksi alergi serius.
Kemungkinan terburuk, reaksi alergi bisa menyebabkan anafilaksis, yang merupakan kondisi medis darurat karena tersumbatnya saluran pernapasan hingga dapat menyebabkan syok.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, pemilik tetap perlu berhati-hati ketika semut sedang berkerumun di tubuh kucing. Ada beberapa alasan kenapa kucing dikerumuni semut, antara lain:
Lebih lanjut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani gigitan semut pada kucing. Dalam kasus semut api, maka langkah tepat yang perlu dilakukan adalah membawa kucing ke dokter hewan.
ADVERTISEMENT
Namun, bisa diberikan juga beberapa obat herbal khusus, seperti lavender untuk mengatasi gigitan serangga berdasarkan buku Panduan Memelihara Kucing Persia karya Bayu R. Susetyo.
Demikian adalah pembahasan mengenai penyebab kucing dikerumuni semut sekaligus cara penanganan yang perlu diketahui oleh pemilik. (SP)