Penyebab Sisik Arwana Lepas, Kolektor Ikan Harus Tahu

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sisik ikan arwana. Sumber foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sisik ikan arwana. Sumber foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyebab sisik arwana lepas menjadi salah satu ilmu yang penting untuk diketahui para kolektor. Sebab, kondisi ini bisa sangat membuat ikan kehilangan visual indahnya dan akhirnya merugikan pemilik.
ADVERTISEMENT
Sisik yang lepas sendiri bisa membuat arwana mengalami berbagai permasalahan, salah satunya adalab daya tahan tubuh menjadi turun. Lalu, apa saja penyebabnya? Simak di bawah ini.

Penyebab Sisik Arwana Lepas

Ilustrasi arwana. Sumber foto: Pixabay
Dikutip dari buku A-Z Merawat Arwana oleh Stephen Suryaatmadja, arwana merupakan salah satu ikan asli Indonesia yang memiliki kedudukan tertinggi, karena paling populer dan disukai masyarakat.
Kepopulerannya ini sendiri disebabkan oleh warna tubuhnya yang indah, dipadu dengan sisik yang tersusun rapi. Selain itu, mereka juga sering menampilkan pergerakan yang anggun ketika berada di kolam.
Meski begitu, penampilannya yang indah ini bisa terganggu dengan suatu permasalahan berat, seperti sisik yang lepas. Sisik lepas dari tubuh arwana biasannya disebabkan oleh beberapa hal. Berikut pembahasannya.
ADVERTISEMENT

1. Kecelakaan

Arwana merupakan ikan yang lincah dan penuh rasa ingin tahu. Karena itu, mereka sering berenang dengan cepat, yang akhirnya membuat arwana menabrak dekorasi akuarium seperti batu dan kayu.
Benturan inilah yang dapat menyebabkan sisik ikan arwana terkelupas. Untuk mencegah hal ini, pastikan akuarium memiliki cukup ruang untuk arwana berenang dengan bebas.

2. Air Kotor

Kualitas air yang buruk juga menjadi salah satu penyebab sisik arwana lepas. Akuarium yang jarang dibersihkan akan dipenuhi dengan amonia dan racun, yang dapat merusak kulit dan sisik arwana, sehingga membuatnya mudah terkelupas.

3. pH Air Tidak Stabil

pH air yang tidak stabil dapat menyebabkan stres pada arwana. Stres inilah yang nantinya melemahkan sistem kekebalan tubuh ikan dan membuatnya rentan terhadap kerusakan sisik.
ADVERTISEMENT

4. Salah Penanganan

Kesalahan saat memindahkan atau membersihkan arwana juga dapat menyebabkan sisik mereka lepas. Arwana memiliki tubuh yang sensitif, sehingga perlakuan kasar dan tidak hati-hati bisa mengakibatkan sisiknya luka dan terkelupas.
Demikian pembahasan mengenai pneyebab sisik arwana lepas yang perlu diketahui pemiliknya. (RN)