Perawatan Kura-kura Sulcata agar Tumbuh Besar dan Sehat

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 21:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perawatan kura-kura sulcata. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perawatan kura-kura sulcata. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Kura-kura sulcata merupakan salah satu jenis kura-kura darat yang banyak dipelihara. Perawatan kura-kura sulcata juga dianggap tidak terlalu rumit.
ADVERTISEMENT
Artikel ini akan membahas tentang perawatan kura-kura sulcata, baik dari segi tempat tinggal juga makanan yang harus diberikan.

Perawatan Kura-kura Sulcata

Ilustrasi perawatan kura-kura sulcata. Foto: Pexels
Kura-kura sulcata termasuk dalam golongan tortoises yang jinak, cantik, juga pemakan tumbuhan. Tidak heran kalau dalam Buku Pintar Merawat Hewan Kesayangan karya, sulcata dikatakan mudah dipelihara.
Kura-kura sulcata bisa hidup hingga 150 tahun dan berat tubuh hingga 105 kg. Kura-kura ini juga memiliki perpaduan warna kuning dan coklat di tubuh, termasuk tempurungnya.
Berikut adalah cara perawatan kura-kura sulcata yang penting diketahui pemilik berdasarkan buku Hewan Peliharaan: Kura-kuraku karya Erinda Wibianti, yakni:

1. Kandang

Kandang sulcata bisa dibuat dari bahan yang tidak menyerap dingin, seperti kaca dan kayu. Kandang juga harus dilengkapi dengan alas, berupa batuan kecil atau kerikil dan bisa juga plastik.
ADVERTISEMENT
Sediakan juga tempat yang lebih tinggi dan tidak tergenang air sebagai tempat berjemur atau menghangatkan diri. Hal ini perlu dilakukan salah satunya untuk menjaga kondisi tempurung.

2. Kolam Air

Di dalam kandang perlu diberikan kolam air dengan tinggi melebihi batas tempurung. Jangan lupa untuk menambahkan filter agar air tidak cepat kotor.
Kolam air berfungsi untuk menjaga suhu tubuh kura-kura ketika kondisi udara terlalu dingin. Kolam juga bisa menjadi sumber air minum sehingga perlu diganti tiap hari.

3. Pakan

Pemilik perlu menyediakan beragam sayuran yang mengandung banyak air. Beberapa contoh sayuran yang bisa diberikan adalah wortel, sawi hijau, pakcoy, hingga kaktus.
Jangan memberi makan kura-kura dengan buah, protein hewani, atau makanan pelet dari toko hewan peliharaan bila tanpa konsultasi terlebih dulu.
ADVERTISEMENT

4. Kondisi Lingkungan

Kura-kura sulcata memerlukan suhu dan kelembaban yang tepat untuk keberlangsungan hidupnya. Kalau suhu udara berada hingga di bawah 15° C, maka perlu ditambahkan lampu jemur untuknya.
Selain itu, sulcata perlu berada pada lingkungan dengan kelembaban berkisar antara 40 - 60%. Kelembaban terlalu tinggi bisa mendatangkan beberapa penyakit.
Demikian adalah perawatan kura-kura sulcata agar tumbuh sehat dan besar. (SP)