Perbedaan Antara Aglaonema dan Anthurium yang Wajib Diketahui Pecinta Tanaman

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Mei 2024 18:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perbedaan Antara Aglaonema dan Anthurium. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/David Clode
zoom-in-whitePerbesar
Perbedaan Antara Aglaonema dan Anthurium. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/David Clode
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagi pecinta tanaman hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman aglaonema dan anthurium. Secara umum ada beberapa perbedaan antara aglonema dan anthurium yang wajib diketahui.
ADVERTISEMENT
Perbedaan antara kedua tanaman tersebut sebenarnya bisa dilihat dari beberapa hal yang bisa diamati dengan jelas. Untuk lebih jelasnya simak dalam pembahasan berikut ini.

Perbedaan Antara Aglaonema dan Anthurium

Perbedaan Antara Aglaonema dan Anthurium. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/David Clode
Dikutip dari buku Agar Aglaonema Tampil Memikat karya Nyuwun Susila Budiana, anglaonema merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk dan warna yang anggun dan cantik. Tidak heran jika tanaman hias yang satu ini menjadi salah satu tanaman hias favorit banyak orang.
Hal tersebut juga berlaku untuk tanaman hias anthurium. Meski kedua tanaman tersebut memiliki beberapa persamaan, namun keduanya jelas berbeda. Berikut ini perbedaan antara aglaonema dan anthurium:

1. Daun

Aglaonema memiliki daun berbentuk oval atau lanset dengan corak dan warna yang sangat beragam, mulai dari hijau polos, bergaris, hingga bertotol. Corak ini menjadi daya tarik utama aglaonema, bagaikan lukisan alam yang terukir di atas daunnya.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, anthurium memiliki daun berbentuk hati atau jaring dengan warna yang lebih solid, seperti merah, putih, dan ungu. Daunnya yang kokoh dan berkilau memancarkan pesona yang elegan.

2. Bunga

Tanaman hias aglaonema jarang berbunga, namun jika berbunga, bunganya kecil dan tidak terlalu mencolok. Bagi pecinta bunga, aglaonema mungkin kurang menarik dalam hal ini.
Berbeda dengan anthurium, yang terkenal dengan bunganya yang indah dan tahan lama. Bunganya yang berbentuk menyerupai kelinci atau ekor babi, dengan warna yang mencolok, menjadi daya tarik utama Anthurium.

3. Batang

Aglaonema memiliki batang yang pendek dan tersembunyi di dalam tanah. Hal ini membuat aglaonema terlihat lebih ramping dan kompak.
Sementara itu tanaman anthurium memiliki batang yang lebih panjang dan terlihat jelas, dengan beberapa jenis memiliki batang yang berakar udara. Akar udara ini menambah nilai estetika
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan mengenai perbedaan aglaonema dan anthurium yang wajib diketahui pecinta tanaman hias. Aglonema dan anthurium adalah dua tanaman hias yang indah dan termasuk mudah dirawat. (WWN)