Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik yang Harus Diketahui

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
2 Januari 2024 23:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi gitar. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gitar. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengetahui perbedaan gitar akustik dan elektrik merupakan hal penting bagi pemula agar dapat terhindar dari kesalahan saat memainkannya. Karena keduanya memiliki teknik permainan yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Salah satu perbedaan gitar akustik dan elektrik terdapat pada suara yang dihasilkan. Karena itu, penting untuk memilih gitar yang sesuai.
Simak pembahasan mengenai perbedaan gitar akustik dan elektrik dalam ulasan berikut ini.

Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik

Ilustrasi gitar akustik. Sumber foto: Unsplash
Sebagai salah satu alat musik terpopuler, penting untuk mengetahui perbedaan dua jenis gitar yang sering dimainkan dalam bermusik, yakni akustik dan elektrik. Keduanya memiliki perbedaan signifikan, terutama dalam suara dan teknik.
Mengutip dari situs ArtistWorks, perbedaan gitar elektrik dan akkustik terletak pada senarnya. Di mana senar gitar elektrik lebih kecil dan ringan, sementara akustik lebih tebal dan berat.
Oleh karena itu, suara yang dihasilkan gitar akustik dan elektirk akan jauh berbeda. Supaya terhindar dari kesalahan saat memainkan jenis gitar, pemula perlu mengetahui sejumlah perbedaan gitar akustik dan elektrik. Berikut penjelasannya:
ADVERTISEMENT

1. Suara yang Dihasilkan

Salah stau perbedaan signifikan antara gitar akustik dan elektrik adalah suara yang dihasilkan. Umumnya, gitar elektrik menghasilkan suara yang melengking sehingga cocok jika dipadu dengan alat musik lain, seperti drum atau bass.
Sementara gitar akustik dapat menghasilkan suara yang ringan, lembut, dan natural. Karena itu, jenis gitar ini tidak cocok untuk lagu yang sedikit keras dan berisik, seperti genre rock.

2. Teknik Permainan

Gitar akustik bisa menghasilkan suara yang kerasa tanpa bantuan amplifier sehingga sangat cocok untuk pemula yang baru ingin belajar.
Berbeda dengan gitar elektrik yang membutuhkan bantuan amplifier agar permainan lebih lembut dan detail.

3. Genre Musik

Perbedaan selanjutnya terdapat pada genre musik. Umumnya, gitar akustik lebih cocok untuk genre, seperti folk, pop, dan country. Sementara gitar elektrik lebih cocok untuk genre lagu genre rock, blue, jazz, hingga metal.
ADVERTISEMENT

4. Biaya

Perbedaan terakhir dari gitar akustik dan elektrik adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya. Biasanya, gitar elektrik memiliki harga yang jauh lebih mahal karena komponennya.
Sementara itu, gitar akustik cenderung dibanderol dengan harga lebih murah ketimbang gitar elektrik sehingga lebih cocok untuk pemula yang baru belajar.
Demikian penjelasan mengenai perbedaan gitar akustik dan elektrik yang penting untuk diketahui para pemula. (RN)