Perbedaan Memanggang dan Membakar yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
8 Oktober 2023 21:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perbedaan Memanggang dan Membakar. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Memanggang dan Membakar. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Terdapat perbedaan memanggang dan membakar yang harus diketahui. Pasalnya, kedua teknik memasak ini mempunyai perbedaan yang terkadang tidak dipahami dengan baik.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Sampai Depan Pintu, memasak adalah aktivitas ragawi yang sangat menyenangkan. Bahkan, dalam ilmu kesehatan, disebutkan bahwa memasak menjadi salah satu bentuk refreshing.
Dalam memasak, terdapat berbagai cara dan teknik yang harus dipahami, termasuk memanggang dan membakar. Lantas, apa perbedaan keduanya?

Perbedaan Memanggang dan Membakar

Ilustrasi Perbedaan Memanggang dan Membakar. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai perbedaan memanggang dan membakar:

1. Definisi

Perbedaan memanggang dan membakar yang pertama tentu terlihat dari definisinya. Memanggang merupakan proses memasak di mana makanan dipanggang menggunakan suhu rendah dengan waktu yang lebih lama.
Sedangkan, definisi membakar merupakan proses memasak di mana makanan akan dipanaskan dengan suhu tinggi dengan waktu singkat. Suhu yang dipakai umumnya terlalu tinggi sehingga hasil makanannya bisa sedikit gosong.

2. Teknik

Teknik yang digunakan dalam memanggang dan membakar tentu berbeda. Dalam memanggang, makanan ditaruh di atas suhu stabil. Suhu tersebut dikontrol memakai pengaturan oven.
ADVERTISEMENT
Sedangkan, dalam membakar, makanan diletakkan secara langsung di atas sumber panas dengan suhu sangat tinggi supaya mendapatkan efek yang sesuai.

3. Hasil Akhir

Hasil dari pemanggangan dan pembakaran tentu berbeda. Pemanggangan akan menghasilkan makanan dengan cangkang renyah dan bagian dalam yang lembut. Tampilan dari makanan yang dipanggang cenderung berwarna cokelat keemasan.
Sedangkan, hasil akhir dari membakar bisa membuat makanan mempunyai bagian luar terbakar dan sangat renyah, namun bagian dalamnya tetap lembut.

4. Suhu

Perbedaan memanggang dan membakar berikutnya dapat dilihat dari suhu dalam memasak. Memanggang menggunakan suhu konstan dan lebih rendah daripada membakar yang mempunyai suhu jauh lebih tinggi.
Memanggang memerlukan suhu antara 300 sampai 450 derajat Fahrenheit, sedangkan dalam membakar menggunakan suhu mencapai 600 derajat Fahrenheit. Inilah mengapa, membakar membutuhkan waktu lebih singkat daripada memanggang.
ADVERTISEMENT

5. Makanan yang Sesuai

Tidak semua makanan cocok dipanggang, dan tidak semua makanan cocok dibakar. Adapun makanan yang cocok untuk dipanggang, salah satunya adalah keju. Keju yang dipanggang akan meleleh dan menghasilkan rasa gurih.
Sedangkan, makanan yang cocok dibakar adalah ikan. Ikan yang dibakar akan memberi rasa dan aroma yang khas.
Itu dia sekilas pembahasan mengenai perbedaan memanggang dan membakar yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.(LAU)