Peringatan Hari Catur Internasional dan Tujuan Perayaannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 22:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Hari Catur Internasional. Foto: dok. Unsplash/Randy Fath
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Hari Catur Internasional. Foto: dok. Unsplash/Randy Fath
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hari Catur Internasional merupakan salah satu peringatan yang dirayakan setiap tahunnya. Adanya peringatan ini dilakukan dengan tujuan tertentu. Untuk mengenal peringatan tahunan ini, penting untuk mengetahui seperti apa permainan catur terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT

Hari Peringatan Hari Catur Internasional dan Tujuan Perayaannya

Ilustrasi Hari Catur Internasional. Foto: dok. Unsplash/Maarten van den Heuvel
Catur merupakan jenis permainan papan yang memiliki format kotak-kotak berwarna hitam dan putih. Untuk memainkannya, pemain membutuhkan beberapa bidak yang memiliki pola jalan yang berbeda-beda.
Dalam permainan ini melibatkan dua pemain saling beradu kemampuan untuk menjalankan strategi sehingga dapat memenangkan permainan. Pemain perlu menyusun strategi terlebih dahulu dengan cara memilih bidak catur yang dijalankan.
Mengutip dari dalam buku berjudul Seni Penerjemahan Sastra: Panduan, Gagasan, dan Pengalaman yang ditulis oleh Anton Kurnia (2022: 133), catur adalah permainan adu strategi antara dua orang yang dimainkan pada sebuah papan yang tersusun dari 64 kotak hitam putih berselang seling dalam petak 8 kali 8 yang terbagi sama rata.
ADVERTISEMENT
Permainan catur merupakan permainan berasal dari India sebelum abad ke-7 Masehi. Nama permainan catur berasal dari nama chaturanga yang dalam bahasa Sansekerta yang berarti empat pasukan. Nama tersebut merujuk pada bala tentara yang digunakan di India pada saat itu, yaitu kereta perang, tentara bergajah, tentara berkuda, dan pasukan infantri.
Dalam permainan catur dikenal istilah skak mat yang berasal dari kata checkmate. Selain itu, istilah skak mat juga disebut berasal dari kata mat berasal dari istilah Persia “Shah-mat” atau “raja mati”. Istilah skak mat ini masih digunakan ketika bermain catur dewasa ini.
Permainan catur dalam tingkat internasional rupanya memiliki hari peringatan. Hari peringatan Hari Catur Internasional jatuh pada tanggal 20 Juli. Peringatan Hari Catur Sedunia ditetapkan oleh PBB atas inisiatif FIDE.
ADVERTISEMENT
Tujuan peringatan tahunan untuk mengakui peran penting FIDE (Federasi Catur Internasional) dalam mendukung kerja sama internasional khususnya dalam kegiatan catur. Selain itu, peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan keharmonisan persahabatan di antara semua orang di dunia, tetapi juga untuk menyediakan platform penting untuk mendorong, dialog, solidaritas, dan budaya perdamaian.
Peringatan Hari Catur Internasional pada 20 Juli setiap tahunnya juga diadakan untuk memperingati pendirian Federasi Catur Internasional (FIDE) di Paris pada tahun 1924. Peringatan Hari Catur Internasional ini dirayakan oleh para pecatur di seluruh dunia sejak tahun 1966.
Pembahasan mengenai hari peringatan Hari Catur Internasional dan tujuan peringatannya, dapat dijadikan sebagai pengetahuan umum yang bermanfaat mengenai hari besar internasional. (DAP)